Jelang Iduladha, Harga Bawang Merah di Makasar Capai Rp60 Ribu

Suasana aktivitas jual beli bawang merah dengan harga Rp50 ribu - Rp60 ribu per kilogram, sementara bawang putih harganya cukup stabil Rp20 ribu per kg di Pasar Terong, Makassar, Senin (4/7/2022). Antara/ Suriani Mappong Suasana aktivitas jual beli bawang merah dengan harga Rp50 ribu - Rp60 ribu per kilogram, sementara bawang putih harganya cukup stabil Rp20 ribu per kg di Pasar Terong, Makassar, Senin (4/7/2022). Antara/ Suriani Mappong

Apakareba.id: Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah tinggal hitungan hari tiba. Harga bawang merah dan cabai di sejumlah pasar tradisional di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, naik.

Syamsiah, salah satu pedagang di Pasar Terong menyebut harga bawang merah kini mencapai Rp60 ribu per kilogram. Harga bawang yang semula Rp30 ribu per kilogram.

"Harga ini naik dua kali lipat dibanding jelang Idulfitri lalu,” kata Syamsiah, seperti dikutip dari Antaranews.com, Selasa, 5 Juli 2022. 

Naiknya harga bawang merah, kata dia, merupakan dampak dari produksi bawang lokal yang berkurang. Distributor hanya menyuplai bawang dari luar Sulawesi Selatan, seperti Bima, Nusa Tenggara Barat.

Menurut Petugas Permuda Pasar Makassar Jaenul, produksi bawang atau komoditas strategis lainnya berkurang karena terpengaruh perubahan cuaca.

Kenaikan harga bawang dan cabai juga terjadi di Pasar Pabaeng-Baeng, Makassar. Mustam, pedagang di pasar tersebut, mengatakan sudah hampir sebulan harga bawang merah merangkak naik. 

Harga cabai juga melonjak tajam. Harga cabai di harga Rp25 ribu per kilogram di kondisi normal menjadi Rp70 ribu per kilogram.



(SUR)

Berita Lainnya