Sulsel - Australia Jalin Kerja Sama di Berbagai Sektor untuk Percepat Pemulihan Pascapandemi

Sumber: Instagram @sulselprov Sumber: Instagram @sulselprov

Apakareba: Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menerima audiensi Konsulat Jenderal Australia di Makassar, Bronwyn Robbins. Dalam kunjungan tersebut, Australia berniat menjalin kerja sama di berbagai bidang dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

"Kami, pemerintah Australia mendukung upaya recovery yang dilakukan Sulsel," kata Bronwyn Robbins, dikutip dari akun Instagram @sulselprov, Minggu, 24 Oktober 2021

Pemerintah Australia tertarik bekerja sama dengan Sulsel di bidang peternakan, pertanian, kelautan, pariwisata, industri kecil. Mereka juga ingin membagikan keahlian yang dimiliki pada bidang-bidang tertentu.

Andi menyebutkan, untuk bidang peternakan dan pertanian, Pemprov Sulsel akan menyediakan lahan bekerjasama dengan Perusda. Termasuk dengan harapan transfer keahlian pada bidang ini.

Baca juga: Warga di Sulsel Masih Termakan Hoaks Vaksin Covid-19

"Kami ingin mengoptimalkan apa yang kami miliki. Kami memiliki lahan dan pertanian. Petani butuh pendampingan untuk meningkatkan kualitas produksinya, kualitas masih menjadi kendala. Para ahli dari Australia bisa membantu mengoptimalkan produksi bahkan sampai pengemasan," ujar Andi.

Andi menambahkan, untuk kerja sama tahun depan Pemerintah Sulsel akan fokus pada pengembangan sekolah vokasi. Nantinya Australia yang memiliki tenaga ahli kelas dunia diharapkan peranannya untuk dapat mengirimkan tenaga ahlinya untuk mengajar.

Sebagai langkah awal, tenaga ahli Australia dapat mengajar pada sekolah yang dijadikan sebagai pilot project. "Sekolah vokasi ini misalnya di bidang pariwisata, pertanian, industri, peternakan dan perikanan," jelasnya.



(NAI)