Tanpa Disadari, 3 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulit

Tanpa disadari, 3 kebiasaan ini bisa merusak kulit. Foto: Freepik Tanpa disadari, 3 kebiasaan ini bisa merusak kulit. Foto: Freepik

Jakarta: Memiliki kulit yang mulus dan sehat adalah dambaan setiap wanita. Namun, ada beberapa kebiasaan tanpa disadari yang bisa menyebabkan masalah pada kulit Anda.

Dirangkum dari Health Shots, ini kebiasaan yang bisa menyebakan masalah kulit dan wajib dihindari:

1. Menyentuh wajah terus-menerus

Pandemi covid-19 masih melanda sebagian negara. Semua orang seharusnya sudah terbiasa tidak menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

Tetapi jika tidak, sebaiknya Anda berhati-hati agar tidak memindahkan kotoran dan bakteri dari tangan ke wajah Anda. Sebab, ini bisa menjadi alasan di balik munculnya jerawat.

Baca: 5 Cara Memasang Bulu Mata Palsu Agar Terlihat Natural

2. Menggosok mata

Kesalahan selanjutnya adalah menggosok mata. Menurut Dokter Kulit Estetika dan Ahli Kesehatan, Dr. Kiran Sethi, sesuatu yang mendasar seperti menggosok mata dapat menyebabkan pigmentasi pada wajah Anda.

Hal senada juga disebutkan dalam sebuah studi The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. "Hiperpigmentasi periorbital (lingkaran hitam di sekitar mata) dapat disebabkan oleh gesekan dan garukan pada kulit di sekitar mata,"

3. Menggosok dan menjilat bibir

Bukankah menggosok dan menjilat bibir adalah sesuatu yang masih sering kita lakukan? Faktanya, setiap kali kita merasa bibir kita terlalu kering atau pecah-pecah seringkali kita melakukan dua hal tersebut.

Namun, sebaiknya hal itu dihindari. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan peradangan pada bibir Anda.



(UWA)

Berita Lainnya