Catat! Ini 4 Cara Mencegah Dehidrasi selama Berpuasa

Ini dia tips mencegah dehidrasi saat puasa. (Foto: Pexels.com) Ini dia tips mencegah dehidrasi saat puasa. (Foto: Pexels.com)

Dehidrasi menjadi salah satu masalah kesehatan yang rentan terjadi saat puasa. Sebab, selama berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan cairan untuk waktu yang cukup lama.

Tidak hanya mengganggu kelancaran puasa, jika dibiarkan, dehidrasi juga bisa berbahaya bagi kesehatan manusia, lho.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi saat puasa. Mengutip dari Medcom, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi selama puasa.

1.     Hindari makanan asin dan pedas

Mengonsumsi makanan asin dan pedas akan membuat kamu cepat merasa haus. Tidak hanya itu, suhu tubuh juga akan meningkat setelah kamu mengonsumsi makanan pedas. Akibatnya, tubuh mudah keringat sehingga kadar air dalam tubuh pun berkurang. Oleh karena itu, kurangi makanan asin dan pedas saat sahur dan berbuka.

2.     Hindari minuman berkafein

Mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat meningkatkan rasa haus. Sebab, kafein memiliki efek diuretik yang bisa meningkatkan produksi urine sehingga membuang garam dan air dari tubuh.

Oleh karena itu, ganti asupan kafein dengan air putih saat sahur dan berbuka. Kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan alami, seperti kurma.

3.     Hindari minum air terlalu banyak dalam satu waktu

Minum air yang banyak sekaligus dapat membuat tubuh mengeluarkannya dengan cepat. Cara yang paling baik untuk mencegah dehidrasi adalah mengonsumsi air sedikit demi sedikit, tetapi sering.

4.     Konsumsi buah dan sayur

Tidak hanya baik untuk kesehatan, mengonsumsi buah dan sayur juga membantu mencukupi cairan tubuh.  Sebab, buah dan sayuran tertentu memiliki kandungan air yang tinggi. Dengan begitu, mengonsumsinya akan membuat cairan tubuh kembali terpenuhi setelah berpuasa.



(UWA)