Pemkot Makassar Harap Pabrik Plastik Gandeng Bank Sampah

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto saat membuka peluncuran operasional Pabrik Injeksi Plastik dari Olymplast Plastic Furniture di Jalan Ir Sutami Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (16/10/2022). ANTARA/HO/Humas Pemkot Makassar Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto saat membuka peluncuran operasional Pabrik Injeksi Plastik dari Olymplast Plastic Furniture di Jalan Ir Sutami Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (16/10/2022). ANTARA/HO/Humas Pemkot Makassar

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berharap kehadiran pabrik injeksi plastik milik PT Graha Bintang Samaindo memberdayakan pelaku bank sampah untuk mengurangi beban sampah plastik. Kerja sama pabrik sampah dan bank sampah juga diharap meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Dengan adanya pabrik plastik di Makassar, besar harapan sampah plastik yang telah dipilah ini bisa dilirik Olymplast dijadikan sebagai bahan baku,” kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, dilansir dari Antara, Senin, 17 Oktober 2022.

Pabrik injeksi plastik Olymplast Plastic Furniture di Kota Makassar merupakan pabrik ketiga seusai Kota Lamongan dan Palembang. Ia berharap pabrik ini dapat membuka lapangan kerja untuk masyarakat di Makassar.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar mencatat produksi sampah pada 2021 mencapai 2.643.280 ton atau sekitar 868 ton per hari. Pada 2022, sampah yang masuk tempat pembuangan akhir (TPA) meningkat cukup tinggi karena mencapai 905 ton per hari. Total sampah pada 2024 diprediksi meningkat tajam menjadi 4,1 juta ton lebih.

Direktur PT Graha Bintang Samaindo, Tamsil menuturkan bahwa ia menaruh harapan besar pada pelanggan utamanya di Makassar dapat menerima kehadiran Olymplast Plastic Furniture.

“Semoga aset kami di Makassar ini bisa diterima dengan baik dan berharap penjualan dapat sesuai target. Olymplast ini satu brand dengan Olympic jadi sebenarnya sudah sangat dikenal masyarakat,” katanya.



(SUR)

Berita Lainnya