Pemkab Sinjai Bagikan BLT pada 833 Nelayan

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa secara simbolis menyerahkan bantuan langsung tunai kepada nelayan yang terdanoak kenaikan harga bahan bakar mubyak. (ANTARA/HO- Pemkab Sinjai) Bupati Sinjai Andi Seto Asapa secara simbolis menyerahkan bantuan langsung tunai kepada nelayan yang terdanoak kenaikan harga bahan bakar mubyak. (ANTARA/HO- Pemkab Sinjai)

Sebanyak 833 nelayan di Sinjai menerima bantuan langsung tunai (BLT), Jumat, 9 desember 2022. Bantuan itu diberikan pemerintah setempat untuk menekan dampak kenaikan harga bahan bakar minyak.

"Setiap nelayan menerima Rp150 ribu per bulan dan itu berlaku selama tiga bulan, jadi totalnya Rp 450 ribu per orang," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai H Haris Achmad, dikutip dari Antara, Jumat, 9 Desember 2022. 

Haris menyebut pemerintah daerah menyalurkan bantuan bagi nelayan melalui Bank Sulselbar Cabang Sinjai.

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa mengatakan pemerintah kabupaten mengalokasikan dana untuk memberikan BLT kepada warga yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Tahun 2022.

"Nelayan kita ini salah satu kelompok yang terdampak akibat kenaikan BBM, karena nelayan menggunakan solar untuk melaut," ujar Andi.

Dia mengimbau para nelayan menggunakan bantuan dana dari pemerintah kabupaten untuk keperluan usaha.

"Jangan malah dipakai beli rokok dan lainnya, seperti foya-foya, membeli di luar biaya produksi melaut," katanya.

Selain memberikan bantuan langsung tunai kepada nelayan, Pemerintah Kabupaten Sinjai pada 2022 mengucurkan dana Rp3,14 miliar lebih untuk pengadaan sarana dan prasarana pendukung usaha kelautan dan perikanan.

 



(UWA)