Doa Memohon Kesembuhan Bagi yang Sakit Covid-19

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Apakareba: Memanjatkan doa berarti sama dengan mencurahkan segala apa yang dirasakan. Sebuah doa dapat dibaca kapan saja dan di mana saja.

Bahkan Allah SWT memerintahkan umat manusia untuk berdoa dan memohon kepada-Nya. Termasuk meminta kesembuhan dari segala wabah dan penyakit yang menimpa, salah satunya virus covid-19.

Allah Azza wa Jalla berfirman:

"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdoa kepada-Ku) akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina," 

Baca: Sebelum Tidur, Lakukan 5 Amalan yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Kesembuhan datang dari Allah SWT. Tetapi semua itu harus berbarengan dengan ikhtiar dari umat manusia.

Adapun seorang umat yang sedang diuji sakit terpapar covid-19, selain berdoa maka ia harus diiringi usaha penyembuhan medis. Sebagaimana berikut adalah doa memohon kesembuhan yang dipanjatkan Rasulullah SAW. 

"Allahuma Rabban nasi adzhibil ba'sa isyfi anta asy-syafi la syifa'a illa syifauka syifaan la yughadiru saqman,"

Artinya: Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkanlah. Engkau zat yang Maha Penyembuhan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit. (HR Bukhari)

Kemudian Al Bukhari juga meriwayatkan sebuah hadis kepada Aisha R.A:

"Ketika Nabi Muhammad SAW sedang sakit, beliau biasa membaca surat An-Nas dan Al-Falaq, serta meniupkan nafasnya ke tubuhnya."

Doanya sebagai berikut:

"Allahuma inni a'udzubika minal baros, wal junuun wal juzzam, wa min sayyi'ill-asqam,"

Artinya: Ya Allah, aku mencari perlindungan kepada-Mu dari kusta, kegilaan, kaki gajah, dan penyakit jahat. (HR Bukhari)

Itulah doa yang bisa dibaca untuk memohon kesembuhan dari penyakit yang sedang mengendap di dalam tubuh kita. Meski telah berdoa, tetap saja umat Muslim harus berusaha untuk mencari penyembuhan lain. 



(RAI)

Berita Lainnya