5 Tips Menjaga Kesegaran Daging Kurban Walau di Simpan di Lemari Pendingin

Ilustrasi Daging Sapi, Dok. MI Ilustrasi Daging Sapi, Dok. MI

Apakareba: Kumandang takbir menggema, Hari Raya Iduladha telah tiba. Untuk menyempurnakan  Ibadah tersebut, umat muslim di seluruh belahan dunia disunahkan untuk berkurban. Tetapi, masih ada saja warga yang salah dalam cara menyimpan daging  kurban agar tetap segar dan berkualitas.

Dilansir dari Medcom.id, berikut ini tips menyimpan daging kurban dari Kepala Halal Research Center Fakultas Peternakan UGM Nanung Danar Dono yang telah dirangkum tim Selamat Pagi Indonesia Metro TV:
 
1. Jangan cuci daging sebelum disimpan
Menyimpan daging setelah dicuci sangat tidak dianjurkan. Sebab, kuman dapat masuk melalui air cucian. Kondisi daging pun dapat rusak saat disimpan.
 
2. Potong dan masukkan ke plastik kedap udara
Bila memiliki daging dalam jumlah besar, potong menjadi setengah ukuran asli atau menjadi ukuran 1 kilogram.  Ada baiknya daging disimpan dalam plastik kedap udara untuk lebih menjaga kesegaran.
 
3. Bekukan di freezer
Menyimpan daging di dalam freezer dapat menjaga kesegaran daging lebih lama. Namun, ada baiknya daging dimasukkan ke dalam chiller kulkas selama 4-5 jam sebelum masuk freezer.


 Baca juga: Penuh Makna dan Kedamaian, Ini Kumpulan Ucapan Iduladha 2021 untuk Keluarga dan Kerabat


4. Atur suhu
Atur suhu kulkas atau freezer. Suhu penyimpanan daging yang optimal berada di kisaran minus 1 sampai 1 derajat celcius.

Hindari penyimpanan daging dalam suhu 5 derajat celcius atau lebih. Hal tersebut dapat merusak kualitas daging dan membuat daging terkontaminasi bakteri.
 
5. Jangan masukkan daging ke freezer setelah tersimpan di luar
Hindari kembali memasukkan daging ke freezer setelah diletakan di suhu ruangan selama beberapa jam. Hal ini yang sering sering dilakukan.



(NAI)

Berita Lainnya