Prakiraan Cuaca Sulsel 23 Februari 2021: Waspada Hujan Lebat

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Perpaduan musim hujan dan fenomena La Nina yang kini sedang melanda Indonesia, dapat memicu hujan lebat disertai petir dan angin kencang di seluruh wilayah. Beberapa bencana hidrometeorologi pun mulai terjadi di beberapa daerah akibat fenomena tersebut, di antaranya banjir, longsor, hingga angin puyuh.

Masyarakat diharap untuk lebih waspada dalam mengamati hal tersebut. Salah satunya dengan mengecek prakiraan cuaca di daerahnya masing-masing. 

Khusus wilayah Sulawesi Selatan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengunggah prakiraan cuaca untuk Selasa, 23 Februari 2021 di akun Twitter BMKG Sulsel. Pagi hari ini, cuaca berpotensi hujan ringan di Sulsel. Terkecuali, di wilayah Malili berpotensi hujan sedang dan untuk wilayah Pare-Pare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, dan Takalar diprediksi hujan sedang hingga lebat.

Kemudian, pada siang sampai sore hari, cuaca berpotensi hujan ringan di wilayah Sulsel. Namun, diprediksi hujan sedang hingga lebat di wilayah Pare-Pare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, sebagian Sinjai, Bulukumba, Belopa, Masamba, dan Malili.

Pada malam hari, cuaca berpotensi berawan di Sulsel, tetapi diprediksi hujan ringan di wilayah Pinrang, Pare-Pare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, sebagian Jeneponto, dan Malili.

Pada dini hari, diprediksi berawan di Sulsel, tetapi berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Belopa, Pinrang, Pare-Pare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Bulukumba.

Suhu udara di wilayah Sulsel berkisar dari 20 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan udara 70-98 persen. Angin berembus dari Barat Daya ke Barat laut dengan kecepatan 10-40 kilometer per jam. 

BMKG Sulsel memberikan peringatan dini adanya potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Pare-Pare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, sebagian Sinjai, Bulukumba, Belopa, Masamba, dan Malili. Selain itu, kondisi gelombang perairan pada hari ini mencapai 1,25-2,5 meter (moderate sea). Moderate sea ini terjadi di Selat Makassar bagian selatan, perairan Pare-Pare, perairan Spermonde Pangkep bagian barat, perairan Spermonde Pangkep, perairan Spermonde Makassar bagian barat, perairan Spermonde Makassar, perairan barat Kepulauan Selayar, perairan Sabalana, Teluk Bone bagian selatan, perairan timur Kepulauan Selayar, Laut Flores bagian utara, Laut Flores bagian barat, perairan Pulau Bonerate-Kalaotoa bagian utara, perairan Pulau Bonerate-Kalaotoa bagian selatan, dan Laut Flores bagian timur.

Selalu waspada dan siap siaga selama musim hujan ini ya! Bagi yang rumahnya berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau rawan longsor harus lebih hati-hati ketika hujan lebat. Kalian juga harus hindari berada di bawah pohon untuk mengantisipasi pohon yang mudah tumbang di saat hujan disertai angin kencang. 


 



(SYI)

Berita Lainnya