Efektivitas Masker Ternyata Bisa Ditingkatkan, Begini Caranya

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Salah satu amunisi yang wajib kita bawa selama bepergian di saat pandemi covid-19 adalah masker. Tetapi, apakah kamu tahu, ternyata efektivitas masker dapat kalian tingkatkan lho.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 membeberkan sejumlah ketentuan penggunaan masker yang dapat meningkatkan efektivitas pencegahan penularan covid-19. Ketentuan tersebut dikutip dari Centers for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat.
 
"Pada tanggal 13 Februari, CDC membarui artikel pada website resminya terkait cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan masker," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers secara daring, Kamis, 18 Februari 2021, seperti dilansir dari Medcom.id.
 
Wiku mengatakan ada tiga jenis masker yang dapat mencegah penularan covid-19, yakni masker medis, masker kain, dan masker KN-95. Menurut dia, ketepatan pemakaian dan filtrasi masker kain maupun masker medis terhadap virus dapat ditingkatkan.

Pertama, masyarakat harus memilih masker yang memiliki kawat pada bagian hidung. Pengguna dapat menyesuaikan kawat dengan bentuk hidung hingga tak ada celah masuknya virus.
 
Kedua, menggunakan penyangga masker agar masker bisa dipakai dengan sempurna. Penyangga masker juga dapat menyesuaikan dengan bentuk wajah pengguna.
 
"Gunakan penyangga masker dengan bahan yang elastis agar tetap nyaman saat digunakan, tetapi juga selalu tertutup," ucap Wiku.

Ketiga, mengikat karet telinga dan melipat sisa masker jika ukuran masker lebih besar dari wajah. Ini dilakukan agar masker tetap rapat menutupi hidung dan mulut dengan sempurna.

CDC juga merekomendasikan penggunaan masker medis berlapis masker kain guna meningkatkan kemampuan filtrasi masker. Kedua masker tersebut diklaim dapat memberikan perlindungan lebih baik dari penularan covid-19.
 
"Namun ada beberapa kombinasi masker yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Jangan gabungkan dua masker medis karena masker medis tidak dirancang untuk dapat digunakan dua lapis secara bersamaan," ujar Wiku.
 
Dia mengatakan masker KN-95 tidak dapat digabungkan dengan masker lainnya. Sebab, masker KN-95 sudah cukup ampuh mencegah penularan covid-19.
 
"Menggunakan masker adalah salah satu cara penting untuk mengurangi risiko tertular dan menyebarkan covid-19. Memakai masker dengan benar lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali," kata Wiku.
 
Wiku mengingatkan masyarakat konsisten menggunakan masker di seluruh tempat umum maupun saat berinteraksi dengan orang lain. Termasuk menggunakan masker di rumah atau saat merawat seseorang yang terkena covid-19.
 
"Dengan kepatuhan memakai masker semakin meningkat harapannya dapat menurunkan penularan di masyarakat," kata Wiku.



(SYI)

Berita Lainnya