Kawasan Monas Disterilkan Usai Ledakan

Polisi mengarahkan pejalan kaki menghindari pedestrian Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Medcom.id/Ilham Pratama Putra. Polisi mengarahkan pejalan kaki menghindari pedestrian Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Jakarta: Ledakan terjadi di Lapangan Silang Monas pada Selasa, 3 Desember 2019, pagi. Ledakan ini menyebabkan beberapa orang terluka.

Kawasan Monas pascaledakan dijaga ketat. Beberapa area disterilkan. Media massa dilarang mendekati lokasi ledakan.

Berdasarkan pantauan Medcom.id, jalan dan lapangan di dekat kawasan Jalan Merdeka Utara disterilkan.

Kendaraan yang ingin menuju kawasan ini diarahkan berputar. Sebab, kendaraan hanya melalui satu lajur Jalan Merdeka Utara.

Gerbang Merdeka Utara Monas juga tidak dapat dilewati dan dijaga ketat belasan petugas kepolisian.  

Pintu Gerbang Merdeka Barat gerbang di juga dijaga ketat petugas.

Kendaraan Quick Response Polda Metro juga tiba di lokasi. Lokasi ledakan juga diinformasikan sudah digaris polisi.

Kawasan Monas juga kosong dari pengunjung. Warga yang beraktivitas perlahan meninggalkan kawasan Monas.

"Sebelumnya masuk jam tujuh kurang. Tadi sih enggak ada yang arahin keluar. Tapi karena kosong, saya juga keluar," ujar salah satu pengunjung yang enggan mengungkap namanya sekitar pukul 08.40 WIB.

Perempuan paruh baya ini mengaku tidak tahu soal ledakan. Dia hanya mengaku keluar karena lapangan Monas sudah kosong dari pengunjung.

Ledakan terjadi di taman kawasan Monumen Nasional, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Polisi sedang mengidentifikasi penyebab ledakan.
 
"Sedang diidentifikasi, Tim Jibom (penjinak bom) sedang di lokasi," kata Kapolsek Gambir Kompol Wiraga saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 3 Desember 2019.

(IDM)