KBM Tatap Muka Dimulai Januari 2021, Guru Sulsel Mulai Dites Swab

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, saat berbicara pada Hari Guru Nasional, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 30 November 2020. (Foto: Istimewa) Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, saat berbicara pada Hari Guru Nasional, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 30 November 2020. (Foto: Istimewa)

Makassar: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai melakukan tes usap terhadap seluruh guru jelang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka. Hal ini dilakukan sebagai salah satu persiapan berdasarkan instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang memperbolehkan KBM tatap muka pada Januari 2021.

“Hari ini kita mulai launching swab kepada seluruh sekolah dan akan dilanjutkan di seluruh Sulsel,” kata Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, Senin, 30 November 2020.

Pada tahap awal, pihak Pemprov Sulsel akan melakukan tes swab terhadap seluruh guru di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB). Langkah ini dilakukan untuk memastikan guru yang terlibat dalam KBM tatap muka dipastikan tidak terjangkit virus covid-19.

Persiapan tes massal terhadap guru tersebut merupakan kerjasama antara Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan seluruh Forkopimda. “Kami bersama seluruh Forkopimda mempersiapkan guru-guru kita dengan melakukan swab test PCR. Sebagai tindak lanjut instruksi menteri pendidikan untuk menyiapkan sekolah tatap muka pada Januari,” paparnya.

Launching tes usap secara masif ini sebagai bentuk Dinas Pendidikan Sulsel dalam memastikan seluruh anak didik aman memasuki proses pembelajaran secara tatap muka. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Muhammad Jufri.

“Kita melakukan swab masif untuk guru-guru di sekolah dan memastikan anak-anak kita sehat di saat masuk sekolah tatap muka,” ungkapnya.

 

 



(SYI)

Berita Lainnya