Yuk, Renungkan Nilai-nilai Pancasila dengan Menonton 3 Film Ini!

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Apakareba: Hari ini, seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni. Hari peringatan ini baru ditetapkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 1 Juni 2016. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai hari libur nasional.

Sayangnya, tak jarang masyarakat Indonesia tidak mengetahui kisah di balik lahirnya Pancasila. Bahkan, bisa jadi sejumlah orang di Tanah Air ini juga sudah lupa isi dari kelima prinsip yang tertuang dalam Pancasila.

Padahal, presiden pertama Indonesia, Soekarno, menyebutkan bahwa Pancasila bisa membuat negara Indonesia menjadi negara yang kekal dan abadi. Atas dasar tersebut, sangat penting bagi kita untuk bisa menanamkan nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila.

Bila hati kalian tergerak untuk mencoba memaknai lima sila yang dijadikan sebagai dasar negara Indonesia, mungkin kalian bisa mempelajarinya melalui film. Kami sudah merangkum beberapa rekomendasi film yang berlatar Hari Lahir Pancasila untuk kalian saksikan. 

Baca juga: Masyarakat Diminta Pasang Bendera Merah Putih Peringati Hari Lahir Pancasila

Pastinya, daftar film ini sangat cocok untuk menemani kalian merenungkan nilai-nilai Pancasila. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tiga rekomendasi film tentang Hari Lahir Pancasila.

1. LIMA (2018)

Kebanyakan masyarakat Indonesia pasti masih hafal isi dari Pancasila. Tetapi, belum tentu mereka bisa menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Bagi kalian yang merasakan hal ini, maka film LIMA sangat cocok untuk kalian tonton. 

Film garapan Shalahuddin Siregar, Tika Pramesti, Lola Amaria, Adriyanto Dewo, dan Harvan Agustriansyah ini mengisahkan tentang hal-hal yang paling mendasar dalam hidup. Seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan. Untuk itu, film ini sangat disarankan ditonton oleh gerenasi muda yang mungkin masih kurang paham bagaimana menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan.

2. Pantja-Sila: Cita-cita dan Realita (2016)

Masih ingatkah kalian bahwa kata Pancasila pertama kali diucapkan oleh Soekarno dalam pidatonya pada 1 Juni 1945? Bila kalian lupa, yuk kilas balik sejarah itu dengan menonton film Pantja-Sila: Cita-cita dan Realita

Film ini menceritakan pidato Bung Karno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) atau biasa dikenal Dokuritsu Junbi Cosakai pada 1 Juni 1945. Film gagasan aktor senior Tio Pakusadewo yang juga berperan sebagai pemain, serta sutradara dan produser bersama Tino Saroengallo ini memfokuskan pada isi pidato Soekarno.

3. Sayap Kecil Garuda (2014)

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk memahami suatu hal dengan baik. Meski Pancasila hanya terdiri dari lima sila, bukan berarti semua orang bisa menghafalnya dengan baik serta memaknai lambangnya. Buat kalian yang sedang menempuh hal ini, maka film Sayap Kecil Garuda sangat layak untuk kalian tonton.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini Deretan Fakta Penting di Balik Hari Lahir Pancasila

Film yang dibintangi Deddy Mizwar, Elma Theana, serta Reza Artamevia ini mengisahkan Pulung (Ricky Black), remaja kelas 2 SMP, yang kesulitan menghafal Pancasila. Ia juga susah untuk memahami makna dari lambang Pancasila. Kendati demikian, ia masih bertekad keras untuk menghafalkannya. Dalam perjalanan hidupnya, Pulung pun dihadapi dengan sejumlah kejadian yang perlahan membantunya memahami nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.



(SYI)

Berita Lainnya