5 Makanan yang Sempat Hits saat Pandemi, yang Terakhir Wajib Coba!

Tangkapan layar pangsit goreng le gino. Sumber Yotube Boengkoes Tangkapan layar pangsit goreng le gino. Sumber Yotube Boengkoes

Apakareba: Ternyata sudah banyak makanan maupun sajian minuman yang sempat viral dan menjadi buruan banyak warga. Sudah satu tahun lebih pandemi covid-19 sudah berlangsung khususnya di Indonesia.

Kebiasan baru sejak pandemi melanda, menjadikan banyak orang di rumah saja. Hal tersebut mendorong banyak orang membuat makanan yang kreatif. Tim Apakareba.id telah merangkum beberapa makanan maupun minuman yang hits sejak awal pandemi sampai saat ini. Berikut daftarnya.


1. Kopi dalgona

embed
 Sumber: MI/Fetry Wuryasti/Kopi dalgona yang dibuat menggunakan kopi instan

Ingatkah Anda dengan minuman ini? Bisa dibilang kopi dalgona adalah sajian makanan dan minuman yang sangat hits saat awal pandemi. Sejarahnya, kopi dalgona merupakan kreasi kopi yang banyak dibuat oleh netizen dari Korea, hal tersebut menjadi viral dan diadopsi di Indonesia.

Pada dasarnya kopi ini sebenarnya berupa latte. Namun, tekstur dari minuman kopi dibuat lebih fluffy atau mengembang. Kopi Dalgona ini terbuat dari kopi hitam, gula, dan air hangat. Untuk membuatnya mengembang harus dikocok menggunakan whisker, namun agar lebih praktis bisa menggunakan mixer.

Untuk menyajikannya, kamu harus menuangkan susu full cream terlebih dahulu dan es batu. Setelah itu, barulah masukkan kopi yang telah mengembang di atasnya

2. Odading

 embed
Sumber: Medcom.id/ Foto Dok. Instagram @mr.15ferdinand

Kue bantal atau odading untuk penyebutan di daerah Jawa Barat memang sudah ada sejak lama. Jajanan ini sebenarnya juga masih cukup mudah ditemui.

Namun, jajanan ini mendadak naik daun berkat video promosi yang viral di media sosial.

3. Pangsit goreng Le gino

 embed
Sumber: Yotube Boengkoes/pangsit goreng le gino

Daftar selanjutnya juga makanan yang sudah ada sejak lama, namun berkat inovasi dan bantuan food vlogger yang meliput makanan ini membuat pangsit goreng Le gino menjadi sangat viral.

Bahkan pada saat viral, waiting list untuk bisa merasakan kenikmatan pangsit goreng ini sampai berhari-hari lho. Tidak hanya itu pelopor menu pangsit goreng itu juga diundang ke Istana Negara untuk memasak 500 porsi pangsit goreng di salah satu acara kabinet. Menu andalannya ini dicicipi oleh Presiden Joko Widodo secara langsung bersama para staf kepresidenan.

4. Garlic bread

 embed
Sumber: MI/Bintang Krisanti/Korean garlic cheese bread versi Mama Wied's Homemade.

Lagi-lagi, budaya Korea Selatan tidak pernah berhenti  dalam membuat kehebohan di Indonesia tidak hanya dengan K-drama dan K-POP, lini kuliner juga tidak mau kalah. Selain kopi dalgona, Korea juga memberikan influence sajian roti, yakni Korean Garlic Cheese Bread.

Di negara asalnya Garlic Bread merupakan jajanan pinggir jalan Korea tepatnya di stasiun Gangnam, Seoul. Roti ini memiliki tekstur crunchy di luar dan lembut di dalam.

5. Croffle

 embed
Sumber: Youtube Devina Hermawan/ resep croffle homemade

Untuk yang terakhir, bisa dikatakan masih hits dan banyak diburu akhir-akhir ini. Kudapan bernama croffle yang merupakan gabungan dari dua makanan yakni dari croissant dan juga waffle.  

Masyarakat pun berlomba-lomba mencicipi croffle yang viral tersebut di berbagai tempat yang menjualnya. Tidak jarang banyak yang sering kehabisan.

Itulah rangkuman beberapa makanan dan minuman yang sempat viral selama pandemi berlangsung. Dari daftar di atas kira-kira Anda sudah coba yang mana saja nih?

Baca juga: Selalu kehabisan? Yuk Buat Sendiri Croffle di Rumah



(NAI)

Berita Lainnya