Mendagri: Kepala Daerah Harus Kerja Cepat Tangani Pandemi Covid-19

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Dok. Zoom Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Dok. Zoom

Apakareba: Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menginstruksikan kepada kepala daerah segera menyesuaikan diri dan cepat menyelesaikan permasalahan pandemi covid-19 di daerahnya masing-masing. Tito menegaskan  persoalan pandemi saat ini berbeda dengan kondisi pada 2020, akibat adanya varian delta.
 
"Untuk kepala daerah segera menyesuaikan diri menyelesaikan masalah pandemi ini dengan segala  seluk beluk dan persoalannya. Kemudian melakukan koordinasi dengan semua stakeholder, terutama forkopimda (forum koordinasi pimpinan daerah) sehingga dapat diatasi bersama," ujar Tito di kantor Wali Kota Tangsel, Selasa, 27 Juli 2021.
 
Melansir Medcom.id, Dia menegaskan, kepala daerah harus memiliki strategi untuk mengatasi pandemi di hulu maupun hilir. Dia mengingatkan  situasi pandemi covid-19 2020, berbeda dengan tahun ini.

"Ketika muncul varian yang menguat, yang cepat penularannya seperti varian delta yang tidak kita alami pada varian sebelumnya," ungkap Tito.

Baca juga:  Mendagri Ubah Istilah PPKM Darurat Menjadi Level 4
 
Sehingga, lanjut Tito, perlu adanya upaya ekstra untuk penanganan di hulu. Yakni penegakan disiplin memakai masker dan protokol kesehatan lainnya.
 
"Maksudnya lebih disiplin lagi karena kita berhadapan dengan varian baru yang mendominasi dunia, bukan hanya indonesia," tegasnya.
 
Menurutnya, dengan munculnya  varian covid-19 baru memerlukan upaya ekstra di hulu dan kesiapan di hilir untuk peningkatan kapasitas kesehatan. Seperti yang juga terjadi di sejumlah negara maju seperti pada Amerika, Inggris, Eropa dan Jepang.

(Farhan Dwitama)



(NAI)

Berita Lainnya