Kemenkes: Kasus Mutasi B1617 Bertambah

Juru bicara vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. Dok. Kementerian Kesehatan Juru bicara vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. Dok. Kementerian Kesehatan

Apakareba: Kementerian Kesehatan melaporkan penambahan kasus mutasi virus covid-19, B1617. Ada delapan kasus B1617 baru di Tanah Air.
 
"Jadi (total) ada 10 kasus," kata juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tirmidzi saat dihubungi, Jakarta, Senin, 10 Mei 2021, melansir Medcom.id.
 
Nadia belum mengetahui asal kasus mutasi baru itu. Kemudian, dia juga belum mengetahui kasus tersebut ditemukan di mana saja. "Saya belum dapat data lengkap," ucapnya.

Baca juga: Mutasi Virus B117 Bertambah, Diduga Dari Transmisi Lokal
 
Nadia mengingatkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Masyarakat juga diminta mematuhi larangan mudik.
 
"Kurangi mobilitas dengan mematuhi larangan mudik karena kalau mudik itu kan jumlahnya jutaan pergerakan masyarakat yang terjadi, bukan hanya yang merayakan lebaran tapi juga ada yang memanfaatkan cuti/libur," kata Nadia.

Sebelumnya, dua kasus B1617 ditemukan di Jakarta. Virus ini dibawa warga India dan satu warga negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari India.
 
WNI yang terjangkit virus itu dilaporkan sudah sehat. Sedangkan, satu WNA yang terinfeksi masih menjalani isolasi di Rumah Sakit Sulianti Saroso. Namun, keadaannya stabil. (Nur Azizah)



(CIA)