3 Fakta Rio Waida, Peselancar Indonesia yang Kibarkan Bendera Merah Putih di Olimpiade Tokyo 2020

Foto: Instagram Rio Waida (@riowaida_) Foto: Instagram Rio Waida (@riowaida_)

Apakareba: Di tengah situasi pandemi covid-19, Olimpiade Tokyo 2020 tetap berlangsung. Beberapa atlet unjuk gigi di cabang olahraga yang mereka geluti untuk meraih hasil terbaik dan mengharumkan negara.

Hal itu juga berlaku bagi peselancar yang mewakili Indonesia di ajang olahraga terbesar dunia, Rio Waida. Lelaki berusia 21 tahun itu menjadi satu-satunya peselancar yang mewakili Indonesia.

Merangkum dari beberapa sumber, berikut tiga fakta mengenai Rio Waida.

1. Blasteran Jepang

Rio Waida merupakan anak berdarah campuran yang lahir di Saitama, Jepang. Sosok ayah Rio merupakan warga negara Indonesia, sedangkan ibunda merupakan warga negara Jepang bernama Kaoru Waida. 

2. Mengenal selancar sejak kecil

Setelah membawa harum nama Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020, kini dia menjadi peselancar profesional. Namun nyatanya Rio telah berteman dengan deburan ombak pantai dan papan selancar sejak kecil. Tidak banyak yang tahu kalau lelaki itu mewarisi bakat kedua orang tuanya yang juga peselancar.

Baca: 5 Fakta Windy Cantika Aisah, Atlet Angkat Besi Kebanggaan Jabar

3. Pekerja keras dan penuh semangat

Meskipun gagal di 16 besar Olimpiade Tokyo 2020, Rio tampak lebih bersemangat untuk kembali berkompetisi. Dia juga menyampaikan permintaan maaf sekaligus terima kasih atas dukungan yang diberikan warga Indonesia. Ia bertekad untuk membawa kembali medali untuk Indonesia di kompetisi selanjutnya.

Sebelumnya Rio juga pernah meraih prestasi di World Surfing League (WSL) Asia pada tahun 2017 dan menempati posisi pertama. 



(RAI)

Berita Lainnya