Kabar Baik, Sulsel Izinkan Tarawih di Masjid Selama Ramadan 2021

Ilustrasi covid-19/Media Indonesia Ilustrasi covid-19/Media Indonesia

Apakareba: Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman mengizinkan pelaksanaan salat tarawih di masjid selama Ramadan 2021. Pelaksanaan tarawih di masjid tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

"Kami meminta agar protokol kesehatan dilakukan secara ketat," kata andi Sudirman, Minggu, 11 April 2021, seperti dilansir dari Media Indonesia. 

Izin tarawih itu tertuang dalam surat edaran Gubernur Sulsel yang merujuk surat edaran Menteri Agama Nomor SE.03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H tertanggal 5 April 2021.

Ada 18 poin yang menjadi instruksi pelaksanaan tarawih dan kegiatan amaliyah Ramadan tahun ini. Antara lain menerapkan protokol kesehatan secara ketat di masjid, hingga mengatur pengisi ceramah saat tarawih. 

"Menjaga kapasitas masjid maksimal 50 persen jemaah, mengatur jarak saf antarjemaah, memeriksa suhu tubuh jemaah sebelum masuk ke masjid, dan pengurus masjid menyiapkan sarana cuci tangan," beber Andi. 

Baca juga: Ma'ruf Amin : Mudik Hukumnya Sunah, Cegah Penularan Covid-19 Wajib

Kapasitas jemaah, kata dia, dapat diperluas dengan memanfaatkan teras depan masjid. Pengurus masjid juga dapat memasang tenda di pekarangan. 

Andi meminta setiap jemaah membawa perlengkapan alat salat-nya masing-masing. Masjid juga diminta tidak menggunakan karpet dan secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan. 

"Serta diimbau agar masjid mengurangi penggunaan AC dan memanfaatkan sirkulasi udara secara alami," kata Andi. 

Selain itu, penceramah dari luar lingkungan masjid juga harus dipastikan mendapatkan vaksinasi covid-19. Lama ceramah juga dipersingkat antara 10  sampai dengan 15 menit. 

"Untuk acara pengajian dan amaliyah Ramadan lainnya dapat dilakukan setelah mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid-19 setempat, dengan ketentuan jemaah/peserta maksimal 50 persen dari kapasitas ruangan atau lapangan," ucap Andi. (Lina Herlina)



(CIA)

Berita Lainnya