8 Tips Bangun Sahur Tepat Waktu dan Praktis

Ilustrasi tidur/freepik Ilustrasi tidur/freepik

Apakareba: Bangun sahur selama bulan suci Ramadan menjadi hal yang berat bagi sebagian orang. Pada umumnya, tubuh belum terbiasa dengan pola jam tidur dan jam makan yang berubah selama satu bulan ibadah puasa.

Biasanya, jam 3 atau 4 pagi kamu masih nyenyak tidur di kasur. Eh, sekarang kamu harus menguatkan hati untuk bangun sahur. Bangun sahur butuh niat ekstra supaya kamu otomatis terbangun tanpa ngantuk dan merasa malas.

Bukan hanya niat yang dibutuhkan, ternyata ada delapan cara biar kamu mudah bangun saat sahur. Apa aja sih tipsnya? Ini cara yang bisa kamu coba terapkan.

1. Tidur lebih cepat

Umumnya, manusia butuh waktu tidur 7-9 jam dalam sehari. Usahakan kamu sudah terlelap sekitar jam 8 malam. Dengan cara tidur lebih cepat kamu bakal lebih mudah bangun sahur.

Memang cara ini lebih mudah untuk diucapkan ketimbang dipraktikkan. Apalagi buat kamu yang punya pola tidur sampai dini hari atau punya kebiasaan begadang. Merubah pola tidur pasti menjadi hal yang sulit.

Tapi, kamu masih bisa mencoba cara ini. Cobalah beraktivitas lebih ekstra pada siang hari, pasti kamu akan merasa lelah jelang malam. Mata pun ikutan berat dan kamu jadi bisa tidur lebih cepat, deh.

Baca juga: Moms, Ingin Ajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini? Yuk Intip Tips-nya di Sini

2. Jauhkan ponsel saat malam hari

Kita kerap sulit tidur cepat karena selalu menggenggam ponsel jelang waktu tidur. Banyak sekali informasi yang ingin kita cari, permainan yang ingin kita mainkan, komik yang ingin kita baca, dan film yang ingin kita tonton.

Kamu harus mencoba mengurungkan niatmu untuk bermain ponsel jelang malam hari. Semua hal itu bisa kamu kerjakan setelah kamu terbangun sahur nanti.

Selain kamu bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas, mata kamu juga tidak akan pegal menatap layar ponsel terus-terusan. Mata yang nyeri karena kelamaan menatap layar ponsel akan berpengaruh pada kualitas tidur kamu. Jadi cobalah jauhi ponsel satu atau dua jam sebelum tidur ya!

3. Pasang alarm untuk sahur

Ada sebagian orang yang kerap menekan tombol snooze atau menunda alarm berbunyi karena terlalu malas bangun tidur. Kamu bisa menjauhkan ponsel dari tempat tidur kamu agar kebiasaan buruk ini bisa dihilangkan.

Kita yang merasa terganggu dengan bunyi alarm jadi harus bangun dari tempat tidur untuk mematikan alarm. Otomatis kita akan punya niat untuk bangun sahur, kan?

Tapi, ada beberapa orang yang tidak bisa bangun sahur meski sudah menggunakan alarm. Nah, cara tradisionalnya yah minta dibangunin orang lain, deh.

4. Hindari makan berlebihan saat buka

Konsumsi makanan berlebihan saat berbuka akan membuat kamu jadi malas bangun sahur. Sebab, kamu masih merasa kekenyangan.

Apalagi kalau kamu mengonsumsi makanan manis yang akan membuatmu kesulitan tidur dan terjaga sampai larut malam. Konsumsi makanan manis bisa menyebabkan kandungan gula dalam darah meningkat.

Ahli gizi, Alex Evans menjelaskan, kondisi ini menyebabkan pankreas melepaskan insulin dan memberikan bahan bakar untuk stimulasi tubuh.

"Gula memberi tubuh kita energi dan membuat kita siap beraktivitas. Bukan itu yang kita inginkan di malam hari," kata Alex.  

Baca juga: Puasa Malah Bikin Gemuk? Ini Alasannya!

5. Hindari minuman berkafein jelang tidur

Minum minuman berkafein seperti kopi atau teh setelah jam berbuka puasa bisa menyebabkan kelenjar adrenalin melepaskan lebih banyak adrenalin dalam tubuh. Ini bisa bikin kamu kesulitan tidur.

Kamu yang kesulitan tidur saat malam hari sudah pasti bakal kesulitan bangun sahur. Cobalah hindari minuman berkafein selama bulan Ramadan ya!

6. Siapkan menu favorit untuk sahur

Menyiapkan santapan yang kamu sukai untuk sahur nanti akan membantu kamu lebih bersemangat bangun sahur. Biasanya, orang malas bangun sahur karena makanan yang bakal dimakan nanti ya bekas makanan berbuka puasa kemarin malam.

Motivasi kamu buat bangun juga jadi berkurang. Dengan menyantap makanan favorit, otomatis tubuh kita akan lebih bersemangat menyambut sahur.

Baca juga: 8 Menu Buka Puasa Mudah dan Praktis yang Bisa Kamu Buat di Rumah

7. Rutin berolahraga

Olahraga punya banyak manfaat. Salah satunya membantu kita lebih cepat tidur dan memiliki kualitas tidur yang meningkat.

Kamu enggak perlu olahraga terlalu berat, kamu bisa meluangkan waktu untuk jalan-jalan keliling komplek sebelum atau sesudah waktu buka puasa. Kebiasaan ini bisa memberikan efek yang baik buat tubuh kamu kalau dilakukan secara konsisten.

Cukup luangkan waktu 5-15 menit olahraga ringan dengan berjalan kaki. Dijamin kamu akan lebih nyenyak tidur dan bangun dengan keadaan sehat bugar saat waktu sahur.

8. Usap mata dengan kompres dingin

Saat bangun sahur, mata pasti masih terasa berat dan keinginan untuk tidur kembali menjadi lebih besar. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengusap mata dengan handuk yang dibasahi air dingin.

Cara ini efektif mengusir kantuk saat sahur. Sebab, kulit yang terkena air dingin akan mengaktifkan saraf dan otak, seketika rasa kantuk juga hilang dengan sendirinya.

Nah, beberapa tips di atas bisa kamu coba ya. Selamat sahur!



(CIA)

Berita Lainnya