Ingin Tingkatkan Sektor Pertanian di Bulukumba, Mentan SYL Resmikan RMU Desa Tanah Harapan

Sumber: bulukumbakab.go.id Sumber: bulukumbakab.go.id

Apakareba: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) meresmikan Rice Milling Unit (RMU) atau Unit Penggilingan Padi di Desa Tanah Harapan, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Minggu, 29 November 2020. RMU dibangun dengan menggunakan anggaran pusat sebesar Rp530 juta. Syahrul juga meminta agar RMU ditambah dengan dryer (alat pengering) yang besar senilai Rp600 juta di awal tahun 2021.

“Saya cek tadi, hasilnya bagus. Berasnya sekelas beras kepala,” ungkap Syahrul dalam sambutannya.

Pertanian merupakan salah satu sektor penting yang perlu dijaga. Selama pandemi covid-19, sektor pertanian dapat diandalkan untuk menumbuhkan perekonomian. Ketika daya beli masyarakat secara umum turun, bisnis yang tetap prospek adalah pertanian.

“Buktinya uang yang berputar sekarang ini di Indonesia, konstribusinya 16,4 persen dari sektor pertanian,” jelasnya.

Kunjungan kerja Syahrul ke Bulukumba ini sebagai bentuk upaya Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Kabupaten dalam mewujudkan peningkatan pembangunan sektor pertanian. Peningkatan sarana prasarana pertanian seperti penggilingan padi RMU menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan sektor pertanian di Bulukumba, tepatnya di Desa Tanah Harapan.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menyampaikan pencapaian komoditi padi dari Januari hingga Oktober 2020, yakni luas tanam: 44.222, 45 Ha, Panen: 43.548,18 ha, produksi: 281.017,82 ton dan produktivitas: 64,53 Kw/Ha.

“Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba berharap Menteri Pertanian memberikan perhatian besar terhadap pengembangan pertanian Bulukumba dengan menambah anggaran bantuannya ke Bulukumba,” ucap Sukri.

Selain bantuan RMU, Syahrul juga menyerahkan secara simbolis bantuan kelapa genja sebanyak 3.000 pohon, benih sayuran sembilan jenis, jalan usaha tani tujuh ruas dengan total panjang jalan 4.800 meter.

 

 

 

 



(SYI)

Berita Lainnya