5 Tips Atasi Stres di Tengah Pandemi agar Tetap Waras

Ilustrasi-Pexels Ilustrasi-Pexels

Apakareba: Sampai saat ini pandemi covid-19 belum juga sirna dari Indonesia. Kondisi tersebut membuat banyak dari kita mengalami stres berkepanjangan bahkan gangguan kesehatan mental.

Tidak bisa dimungkiri kesehatan mental menjadi salah satu aspek kehidupan yang berdampak dari adanya pandemi covid-19. Sudah lebih dari satu tahun, kita semua menghadapi ketidakpastian kapan pandemi ini akan berakhir.

Maka dari itu menjadi penting untuk kita mampu mengendalikan stres yang berlebih agar tidak mengganggu sistem imun. Adapun beberapa tips berikut yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres  agar tetap merasa tenang dan waras. Dihimpun dari berbagai sumber berikut informasinya:

1. Lakukan aktivitas bersama pasangan

Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan dengan pasangan, meskipun di rumah saja. Aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan bervariasi.

Anda bisa mencoba olahraga bersama, nonton film favorit bersama pasangan yang terpenting adalah kualitas, tidak hanya kuantitasnya .

Tidak hanya itu, Jika Anda mengalami rasa khawatir yang berlebihan,  segerakan bercerita kepada pasangan Anda atau orang yang Anda percaya.

Baca juga: Bosan di Rumah saat Iduladha? Kamu Bisa Lakukan 3 Kegiatan Seru Ini

2. Setop mengakses berita tentang covid-19

Saat Anda mulai merasa panik dan stres saat membaca atau mendapat informasi mengenai perkembangan covid-19, segera mengambil langkah untuk membatasi berita yang Anda terima.

Jangan ragu untuk mematikan siaran televisi, ponsel, dan komputer untuk sementara waktu.

Isu dan beragam hoaks dapat memicu kecemasan. Memilih sumber informasi yang berkualitas dan dapat dipercaya tentang perkembangan covid-19 dapat membantumu merasa lebih tenang.

3. Lakukan hobi yang dapat dilakukan di rumah

Melakukan hobi dapat menenangkan pikiran yang terlalu aktif, mengurangi kecemasan, dan mengurangi gejala panik.

Cobalah untuk memasak, mencoba resep masakan baru akan menimbulkan perasaan menyenangkan. Bahkan dapat menghasilkan jika Anda dapat memasarkan hobi tersebut.

Selain itu jika Anda gemar berkebun hal tersebut sangatlah baik. Menurut penelitian menunjukkan bahwa dengan berkebun memiliki efek positif pada kesehatan mental.

Membuat kerajinan seperti menggambar, melukis, membuat prakarya, menulis kartu, membuat catatan memo, dan lain sebagainya.

Baca juga: Tak Kunjung Dapat Pasangan? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya

4. Tetap aktif bersosialisasi secara daring

Ketika mengalami stres, perasaan akan menjadi lebih baik bila mendapatkan dukungan. Maka dari itu, cobalah untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga.

Hal tersebut bisa Anda lakukan lewat telepon, panggilan video, email, atau media sosial untuk mendapat dukungan emosional.

Selain itu cobalah untuk sering mencari hiburan yang membuat Anda terhibur.


5. Tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan

Untuk yang terakhir tentu Anda tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang baik untuk mencegah penularan covid-19.

Mulai dari Mencuci tangan lebih sering dari biasanya, memakai masker dengan baik dan benar, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Dengan kelima tips tersebut, semoga dapat mengatasi stres berlebih serta meningkatkan imunitas tubuh agar tubuh tetap fit dan tetap waras.

 



(NAI)

Berita Lainnya