Membedah Pemikiran Gus Dur Melalui Pojok Gusdurian

Poster kegiatan pojok Gusdurian. (Sumber: Instagram @gusdurian_makassar Poster kegiatan pojok Gusdurian. (Sumber: Instagram @gusdurian_makassar

Apakareba: Siapa yang tak kenal dengan sosok Abdurrahman Wahid? Dia adalah Presiden keempat RI sekaligus Ketua Umum Nahdlatul Ulama (NU) selama tiga periode. Gus Dur, sapaan akrabnya, dikenal sebagai pribadi yang humoris.

Banyak orang yang mengagumi pemikiran dan perjuangan Gus Dur. Sampai-sampai ada sebutan tersendiri bagi para murid, pengagum, dan pecinta Gus Dur, yakni GUSDURian. 

Jaringan GUSDURian sudah menyebar luas di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Makassar. Komunitas GUSDURian Makassar hingga kini masih aktif membuat kegiatan.

Mereka akan mengadakan Pojok GUSDURian secara virtual. “Diskusi bertajuk ‘Membaca Gus Dur’ ini bertujuan untuk mendiskusikan tulisan Gus Dur yang relevan dengan isu sosial komtemporer,” tulis Komunitas GUSDURian Makassar di akun Instagram pribadinya @gusdurian_makassar pada Rabu, 20 Januari 2021.

Nantinya, setiap pertemuan virtual itu akan dipandu oleh satu orang moderator dan empat orang fasilitator. Di sana, peserta diberikan kebebasan untuk saling bertukar gagasan secara interaktif lewat pertanyaan kunci.

Lalu, kapan kegiatan itu digelar?

Pojok GUSDURian yang berjudul Membaca Gus Dur #1 ‘Kedewasaan dan Bencana Alam’ akan diadakan pada Minggu, 24 Januari 2021 pukul 19.30 sampai 21.00 WITA. Diskusi tersebut akan dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Pendaftaran terbuka bagi siapa saja dan tidak dipungut biaya. Jadi, bagi kalian yang tertarik, langsung saja daftarkan diri di bit.ly/pojokbacagusdur1. Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa kunjungi akun Instagram pribadinya @gusdurian_makassar.
 



(SYI)

Berita Lainnya