Pelajar Wajib Tahu! Sejarah Lahirnya Hari Guru Nasional

Logo hari guru nasional 2020 (Sumber: Kemdikbud.go.id) Logo hari guru nasional 2020 (Sumber: Kemdikbud.go.id)

Apakareba: Hari ini, Rabu, 25 November 2020 bertepatan dengan Hari Guru Nasional (HGN). HGN diperingati bersamaan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Tahun ini, PGRI merayakan ulang tahunnya yang ke-75.

HGN dan PGRI memiliki hubungan yang erat karena ada sejarah yang mengikat di antara keduanya. Kira-kira kenapa ya hari ulang tahun PGRI dan hari peringatan HGN bisa berbarengan? Yuk simak sejarahnya!

Pada 1912, berdiri suatu organisasi yang terdiri atas guru-guru pribumi pada zaman Belanda yang dinamakan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini berisfat uniristik, tidak membedakan tempat kerja, kedudukan, agama, suku, golongan, gender, dan asal-usul. Anggotanya terdiri atas guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah yang umumnya mengabdi di sekolah desa dan sekolah rakyat angka dua.

Saat itu, guru-guru pribumi memegang teguh cita-cita kemerdekaan. Mereka memutuskan untuk mengganti nama PGHB menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada 1932. Perubahan nama ini sudah lama didambakan oleh para guru dan bangsa Indonesia. Kata “Indonesia” dalam nama organisasi tersebut menggambarkan semangat guru pribumi untuk mengobarkan kemerdekaan.

Sayangnya, pada masa penjajahan Jepang, PGI tidak memiliki ruang untuk bergerak. Jepang melarang seluruh organisasi dan sekolah pun ditutup.

Kondisi berubah setelah Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Indonesia akhirnya menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945 di Surakarta. Melalui kongres inilah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan, bertepatan dengan seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, yakni pada 25 November 1945.

Melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, ditetapkan hari lahir PGRI sebagai Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tahunnya pada 25 November. Keppres ini ditandatangani oleh Presiden Ke-2 Indonesia,  Soeharto.

Hari Guru Nasional diperingati sebagai penghormatan terhadap guru dan mengingatkan pentingnya peran guru dalam memajukan bangsa ini. Biasanya HGN diperingati dengan upacara bendera di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru.

Selamat Hari Guru Nasional 2020! Terima kasih untuk para guru yang telah turut andil dalam mencerdaskan bangsa ini..



(SYI)

Berita Lainnya