Prakiraan Cuaca Sulsel 22 Februari 2021: Gelombang Tinggi Capai 4 Meter di Laut Flores

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Perpaduan musim hujan dan fenomena La Nina yang kini sedang melanda Indonesia, dapat memicu hujan lebat disertai petir dan angin kencang di seluruh wilayah. Beberapa bencana hidrometeorologi pun mulai terjadi di beberapa daerah akibat fenomena tersebut, di antaranya banjir, longsor, hingga angin puyuh.

Masyarakat diharap untuk lebih waspada dalam mengamati hal tersebut. Salah satunya dengan mengecek prakiraan cuaca di daerahnya masing-masing. 

Khusus wilayah Sulawesi Selatan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengunggah prakiraan cuaca pada Senin, 22 Februari 2021 melalui Bmkg.go.id. Siang sampai sore hari, umumnya hujan ringan hingga sedang, sementara untuk wilayah Benteng dan Watampone diprediksi berawan. 

Pada malam hari, umumya kondisi berawan hingga hujan ringan tetapi berpotensi hujan sedang di wilayah Pare-Pare dan Barru. Sementara, pada dini hari diprediksi umumnya berawan, namun berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Barru, Makassar, Malili, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Pare-Pare, Pinrang, Sungguminasa, dan Takalar.

Suhu udara di wilayah Sulsel berkisar dari 20 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-95 persen. Daya ke Barat laut dengan kecepatan 10-20 kilometer per jam. 

BMKG Sulsel memberikan peringatan dini bahwa kondisi gelombang perairan pada hari ini mencapai 1,25-2,5 meter (moderate sea) hingga 2,5-4 meter (rough sea). Moderate sea ini terjadi di Selat Makassar bagian selatan, perairan barat Kepulauan Selayar, perairan Sabalana, Teluk Bone bagian utara, Teluk Bone bagian selatan, perairan timur Kepulauan Selayar, Laut Flores bagian utara, Laut Flores bagian barat, perairan Pulau Boneraret-Kalaotoa bagian utara, dan perairan Pulau Bonerate-Kalaotoa bagian selatan. Sementara, rough sea terjadi di Laut Flores bagian timur.

Selalu waspada dan siap siaga selama musim hujan ini ya! Bagi yang rumahnya berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau rawan longsor harus lebih hati-hati ketika hujan lebat. Kalian juga harus hindari berada di bawah pohon untuk mengantisipasi pohon yang mudah tumbang di saat hujan disertai angin kencang. 
 



(SYI)

Berita Lainnya