Gammara! Di Pare-Pare Sampah Akan Dikelola Jadi Gas Metana

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pare-Pare akan mengoperasikan pengembangan pembangunan Zona Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Aloppoe. TPA itu akan menjadi tempat pengolahan sampah masa depan di Kota Pare-Pare. Rencananya, sampah-sampah itu akan dikelola menjadi gas metana lho. 

“Insyallah TPA ini akan memanfaatkan sampah-sampah tersebut dalam pengembangan gas metana yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,” kata Wali Kota Pare-Pare, Taufan Pawe, Selasa 5 Januari 2021, seperti dilansir dari Makassar.terkini.id.

Zona baru TPA ini dibangun di atas lahan seluas 0,8 hektare dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp2.221.120.000. Diharapkan TPA ini dapat menampung 56.000 meter kubik sampah hingga Oktober-November 2024.

Dengan hadirnya zona baru di TPA Aloppoe ini, masyarakat diharapkan untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Penggunaan plastik pun harus dikurangi untuk mengurangi limbah plastik. 

Banyak manfaat yang dapat didatangkan dari pengolahan sampah menjadi gas metana. Salah satunya, gas metana dapat dikembangkan menjadi bahan bakar alternatif pengganti gas elpiji untuk keperluan masak masyarakat.

Wah, keren (gammara) sekali ya apa yang dilakukan oleh Pemkot Pare-Pare! Semoga pembangunan zona baru di TPA Aloppoe bisa segera terealisasikan ya..



(SYI)