H-10 Jelang Ramadan, Ini 5 Keutamaan Puasa yang Wajib Diketahui

Ilus: Pixabay Ilus: Pixabay

Jakarta: Tak terasa, sebentar lagi bulan suci Ramadan segera tiba. Umat Islam diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Puasa Ramadan memiliki banyak keutamaan dan manfaat yang luar biasa. Apabila melaksanakan puasa, Allah akan melipatkagandakan pahala dari setiap amal kebaikan yang dilakukan.

Makna puasa pun bukan hanya menahan rasa lapar dan dahaga saja. Saat berpuasa, seseorang juga diwajibkan untuk mengendalikan hawa nafsu dan pancaindra ke arah yang positif.

Baca: Sambut Ramadan, Ini 4 Amalan yang Bisa Anda Lakukan

Dirangkum dari Oase.id, simak lima keutamaan puasa Ramadan yang menakjubkan:

1. Jalan meraih takwa

Puasa adalah jalan meraih takwa. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah: 183:
"Y? ayyuhalla??na ?man? kutiba 'alaikumu?-?iy?mu kam? kutiba 'alalla??na ming qablikum la'allakum tattaq?n."

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

2. Penghalang dari siksa neraka

Dengan berpuasa dapat menghindarkan kita dari siksa neraka. Berdasarkan hadis shahih dari Utsman bin Abil-‘Ash radhiyallahu’anhu bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Puasa adalah perisai dari neraka, seperti perisai salah seorang diantara kamu dari peperangan." (HR Ahmad, Nasai dan Ibnu Majah dengan sanad shahih)

3. Memberi syafaat pada hari kiamat

"Dari Abdullah bin Amr RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Shaum dan Alquran akan memberi syafaat bagi hamba (yang mengerjakannya). Shaum akan memohon, ‘Ya Allah, aku akan menghalanginya dari makan dan minum pada siang hari, maka terimalah syafaatku ini untuknya.’ Dan Alquran berkata, ‘Ya Allah, aku telah menghalangi dari tidur pada malam hari, maka terimalah syafaatku ini untuknya.’ Akhirnya kedua syafaat itu diterima.” (HR Ahmad)

Baca: Tata Cara dan Doa Ziarah Kubur Menurut Syariat Islam

4. Pengekang syahwat

Keutamaan puasa selanjutnya ialah mengontrol syahwat yang bergejolak. Rasulullah SAW bersabda dalam hadis riwayat Bukhari:

"Dari Abdurrahman bin Yazid, ia berkata, “Aku bersama ‘Alqamah dan Aswad menemui Abdullah (bin Mas’ud), lalu Abdullah berkata, “Kami ketika masih muda pernah bersama dengan Nabi SAW., lalu beliau bersabda kepada kami, “Wahai golongan pemuda, siapa yang mampu menikah, maka menikahlah, karena sungguh hal itu lebih dapat menundukkan pandangan dan lebih dapat menjaga kemaluan, dan siapa yang tidak mampu (menikah) maka hendaklah ia berpuasa, karena itulah pengendali baginya.” (HR Al-Bukhari)

5. Membuka pintu Surga Ar-Rayyan

Bagi orang yang berpuasa, ada pintu surga Ar-Rayyan sebagai imbalan. Rasulullah SAW bersabda:

"Diriwayatkan dari Sahl r.a. bahwa Nabi SAW. pernah bersabda: "Di surga ada sebuah pintu bernama Ar-Rayyan yang kelak pada hari kiamat akan dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa, tanpa ada seorangpun selain mereka yang memasukinya. Dikatakan pada hari itu, 'Mana orang-orang yang berpuasa?' Maka mereka pun bangkit untuk memasuki pintu itu tanpa seorangpun selain mereka yang memasukinya. Ketika mereka sudah masuk semua, pintu itu ditutup dan tidak ada lagi seorangpun yang memasukinya."



(UWA)

Berita Lainnya