Baznas Makassar Salurkan Zakat Mal untuk Pelaku UKM hingga Beasiswa Duafa

Ketua Baznas Kota Makassar, Ashar Tamanggong. Foto: Antara/HO-Baznas Makassar Ketua Baznas Kota Makassar, Ashar Tamanggong. Foto: Antara/HO-Baznas Makassar

Makassar: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar menyalurkan zakat mal atau zakat harta untuk membangun usaha kecil menengah (UKM) bagi kaum duafa. Hal ini dilakukan sebagai upaya mendorong ekonomi UKM di masa pandemi covid-19.

"Zakat harta yang dikumpulkan untuk membantu masyarakat menjadi produktif dengan bantuan modal dan juga beasiswa bagi anak sekolah dari kaum duafa," kata Ketua Baznas Kota Makassar, Ashar Tamanggong, dikutip dari Antara, Jumat, 15 April 2022.

Sementara itu, penyaluran zakat fitrah akan disalurkan untuk keperluan konsumsi pada Lebaran 2022 nanti. Adapun penyaluran bantuan Baznas Makassar melalui program Bantuan Operasional Duafa Produktif senilai Rp2 juta hingga Rp7 juta per UKM.

Baca: Fakta Kasus Arisan Bodong di Makassar, Kerugian Capai Rp10 Miliar

"Sebelum penetapan calon penerima bantuan, terlebih dahulu harus menjalani seleksi dari Baznas. Agar tidak salah sasaran," tutur Ashar.

Saat ini, terdapat 1.500 masjid di Kota Makassar. Namun, hanya sekitar 1.200 masjid yang memiliki Unit Pengumpul Zakat (UPZ).



(UWA)

Berita Lainnya