Pemprov Sulsel Luncurkan Program Vaksinasi Keliling

Mobile Vaksinator Sulsel. Dok Pemprov Sulsel/MI Mobile Vaksinator Sulsel. Dok Pemprov Sulsel/MI

Apakareba:  Bertepatan dengan HUT ke-76 RI, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), meluncurkan mobile vaksinator (vaksinasi keliling). Langkah tersebut diambil guna menggenjot vaksinasi covid-19 agar herd immunity (kekebalan kelompok) bisa cepat terbentuk.

Mobile vaksinator memanfaatkan sembilan bus rapid trans (BRT) milik Dinas Perhubungan Sulsel, yang merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan RI.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan mobile vaksinator akan melayani kelompok, sehingga diharapkan pada proses pelaksanaan vaksinasi tidak terjadi kerumunan. Mobile vaksinator ini akan menyasar semua area penyebaran di wilayah aglomerasi Makassar, Maros, Sungguminasa (Gowa) dan Takalar (Mamminasata).

"Jika target vaksinasi telah dicapai, maka juga dapat menyasar wilayah di kabupaten/kota lainnya. Untuk mendaftarkan diri, hanya perlu teregistrasi di website hallodokter.sulselprov.go.id," beber Sudirman, Selasa, 17 Agustus 2021.

Dilansir dari Media Indonesia, mobile vaksinator tersebut juga terintegrasi dengan layanan telemedicine yakni Hallo Dokter untuk konsultasi. Tak hanya itu, bus tersebut juga dapat melakukan tracing untuk tes usap warga setempat.

Total terdapat 18 unit kendaraan yang digunakan, terdiri dari sembilan bus dari Dinas Perhubungan, dan sembilan ambulans dari Rumah Sakit Pemprov Sulsel dan Satgas Covid-19 Sulsel.

Program mobile vaksinator ini juga bekerjasama dengan tim bantuan medis (TBM) dari empat fakultas kedokteran, yakni Unhas, UMI, UIN dan Unismuh.

 



(NAI)

Berita Lainnya