Program Smart School Disiapkan Seragamkan Kualitas Pembelajaran SMA di Sulsel

Smart School. Dok. sulselprov.go.id Smart School. Dok. sulselprov.go.id

Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menghadirkan program Smart School: Satu Standar, Satu Guru, Satu Sulsel. Program ini akan dimulai secara bertahap guna memberikan kualitas pembelajaran yang seragam pada seluruh pelajar tingkat SMA di Sulsel.

Program Smart School menggabungkan pembelajaran daring dan luring secara bersamaan (hybrid). Program yang diinisiasi langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman ini merupakan pembelajaran hybrid pertama yang dihadirkan pemerintah provinsi di Indonesia.

“Ini ide Bapak Andi Sudirman Sulaiman, bahwa trend dunia pendidikan ke depan akan sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi. Karena itu pemerintah harus mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Setiawan Aswad.

Baca juga: Jelang Tahun Ajaran Baru, BPBD Makassar Semprotkan Disinfektan di 25 Sekolah

Setiawan memaparkan, Smart School bertujuan untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran dimana siswa dapat meningkatkan daya serap atas materi yang diajarkan, meningkatkan kemampuan belajar mandiri siswa, dan meningkatkan partisipasi aktif siswa.

Selain itu, Smart School juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas materi pendidik serta meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi. 

Dinas Pendidikan telah memilih 70 guru yang dianggap paling baik atau memiliki metode paling efektif dalam mentransfer pengetahuan dalam proses pembelajaran. Para guru ini diseleksi oleh Tim Gabungan Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel. 

Baca juga: Pemprov Sulsel Salurkan 250 Ribu Benih Udang Windu untuk Pembudi Daya di Makassar

“Mereka yang akan memberikan pembelajaran secara online kepada seluruh siswa SMA se Sulsel. Kemudian, dilanjutkan pendalaman secara offline oleh guru pendamping di kelas,” tutur Setiawan, dilansir dari Sulselprov.go.id, Rabu, 20 Juli 2022.

Program ini menggunakan pendekatan pembelajaran mandiri dan interaktif dengan daring. Serta, pembelajaran klasikal. Sehingga video penjelasan guru bisa kembali diakses melalui aplikasi smart school E-Andalan. 

“Setiap siswa, guru dan pihak sekolah memiliki akun masing-masing untuk bisa mengakses aplikasi Smart School melalui gawai, baik smartphone, komputer, atau perangkat Smart School yang tersedia di setiap sekolah,” jelasnya. 

Baca juga: Sekolah Disegel, Puluhan Siswa di Luwu Terpaksa Belajar di Rumah Guru

Selain fasilitas pembelajaran online, aplikasi smart school juga menyediakan Learning Management System (LMS) yang lengkap. Antara lain, modul-modul, bahan ajar, tugas-tugas, kuis, serta video bank soal yang berisi trik penyelesaian soal.

“Fitur ini disediakan untuk membiasakan siswa mengerjakan soal-soal yang sering kali muncul pada ujian-ujian evaluasi maupun tes masuk perguruan tinggi,” ungkapnya.

Adapun sejumlah layanan dalam aplikasi Smart School di antaranya, medical record, smart news, smart library, smart character, smart event, learning resource, smart passion, smart diary, smart game, dan virtual experience.

(UWA)

Berita Lainnya