MUI Sulsel Minta Umat Tak Mudik Lebaran, Baiknya Silaturahmi Virtual

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan meminta umat untuk mematuhi kebijakan pemerintah terkait larangan mudik Lebaran 2021. Umat muslim dapat bersilaturahmi secara virtual dengan sanak keluarga di kampung halaman.

Pelaksana Harian Ketua MUI Sulsel Rahim Yunus mengatakan, peningkatan kasus covid-19 masih terus meningkat. Ini harus menjadi perhatian bersama.

"Zaman sekarang ini, silaturahmi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Berhubung ada larangan mudik dari pemerintah, maka bisa dilakukan melalui virtual," ujar Rahim, di Makassar, Sulawesi Selatan, melansir Antara.

Ia menjelaskan, larangan mudik yang ditetapkan pemerintah bertujuan untuk mencegah penyebaran covid-19. Apalagi melihat kondisi sejauh ini, ada beberapa negara seperti India yang mengalami gelombang kedua penyebaran covid-19.

Baca juga: Rayakan Lebaran di Rumah, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Menurut dia, Indonesia wajib mewaspadai potensi gelombang kedua covid-19. Umat memiliki kewajiban untuk mengikuti anjuran pemerintah, terutama Kementerian Kesehatan, sebagai pihak yang lebih memahami bahaya yang bisa terjadi ke depan.

"Jadi kita percayakan kepada ahlinya dan sebaliknya jangan terpengaruh dengan beragam hoaks ataupun cerita pengalaman seseorang," jelas Rahim.

MUI mengimbau agar masyarakat lebih bersabar dan berdoa agar pandemi covid-19 segera berakhir. Sehingga, masyarakat dapat kembali berkumpul bersama keluarga tanpa adanya rasa khawatir.

"Tidak menyebarkan penyakit kepada orang terdekat, keluarga ataupun orang lain merupakan hal yang paling penting," tegas Rahim. 



(CIA)

Berita Lainnya