Rayakan Lebaran di Rumah, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Ilustrasi keluarga. Foto: Pixabay Ilustrasi keluarga. Foto: Pixabay

Apakareba: Pemerintah melarang masyarakat melaksanakan mudik Lebaran tahun ini. Artinya perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah tak akan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Larangan ini untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 di Indonesia. Faktanya, kasus positif covid-19 terus melonjak setiap akhir libur panjang.

Pemerintah tak ingin pelaksanaan vaksinasi yang telah berjalan selama ini menjadi sia-sia. Untuk itu, masyarakat diimbau melakukan lebaran secara daring.

Biar kamu tetap bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga meski di rumah saja, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Simak lima tips ini.

1. Video call

Daripada kamu melanggar aturan pemerintah dengan mudik pulang kampung, ada baiknya kamu menyiasatinya dengan silaturahmi menggunakan video call. Kebiasaan video call ini juga pasti sudah sering kamu lakukan selama pandemi covid-19.

Kamu pun bisa menghemat waktu dan ongkos di perjalanan dengan cara ini. Kamu bisa menghubungi satu per satu keluargamu tanpa harus berkunjung ke rumah.

Video call ini bisa dilakukan dengan berbagai aplikasi pesan singkat, seperti WhatsApp, Line, dan Telegram. Video call juga bisa dilakukan dengan aplikasi telekonferensi seperti Zoom, Discord, dan Google Meets.

Baca juga: Mudah Tersulut Emosi? Yuk, Intip Tips Agar Tetap Sabar selama Berpuasa

2. Kirim THR online

Lebaran identik dengan keberadaan Tunjangan Hari Raya (THR). Kamu bisa mengirim THR secara daring, loh.

Banyak aplikasi dompet digital yang bisa kamu gunakan untuk membagikan THR ke sanak saudara. Mulai dari Shopeepay, OVO, Gopay, dan LinkAja. Kamu juga bisa mengirimkan THR langsung ke rekening sanak saudaramu.

Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan hadiah maupun kado di hari Lebaran dengan berada di rumah saja. Kamu bisa menggunakan jasa pengiriman paket yang sudah banyak tersedia di Indonesia.

3. Kirim ucapan online

Kamu bisa mengirimkan kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri secara daring. Kartu ucapan bisa kamu buat sendiri lewat berbagai aplikasi sunting foto, seperti PicsArts, PixelLab, Canva, dan Afterlight.

Kartu ucapan buatanmu sendiri pasti akan lebih bermakna jika dibagikan ke teman dan sanak saudara. Selain itu, kamu juga bisa update status di media sosialmu agar semua orang yang melihatnya bisa merayakan Idul Fitri bersama.

4. Nonton bareng virtual

Kebiasaan yang sering dilakukan saat kumpul dengan keluarga antara lain menonton film bersama. Nonton film bisa dilakukan secara daring, loh.

Kamu bisa menggunakan aplikasi telekonferensi seperti Zoom, Google Meets, dan Discord. Asalkan kamu punya jaringan internet yang mumpuni, kamu bisa memulai membagikan tontonanmu bersama keluarga.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 6 Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa

5. Main game online bareng

Selain nonton bareng secara daring, kamu juga bisa menghabiskan waktu bersama sanak keluarga dengan bermain game online. Kamu bisa mengajak keluarga yang suka bermain game untuk bermain bersama.

Banyak permainan seru yang bisa kamu nikmati bersama, mulai dari gartic.io, werewolf telegram, sampai game-game berat seperti PUBG mobile, Mobile Legends, Valorant, GTA V, dan lainnya.

Bahkan, kamu juga bisa membuat turnamen kecil-kecilan antara keluarga atau temanmu. Selain menambah keseruan, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan. Itu pun kalau kamu menang.

Jadi itu lima tips yang bisa kamu lakukan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu untuk tetap bisa Lebaran di rumah saja.



(CIA)

Berita Lainnya