Ini 4 Cara Menjaga Hubungan LDR Biar Enggak Cepat Kandas

Pasangan LDR. Shutterstock Pasangan LDR. Shutterstock

Apakareba: Hubungan jarak jauh atau long distance relantionship (LDR) membutuhkan kesabaran dan pengorbanan cukup besar antar pasangan. Jauhnya jarak dan minimnya pertemuan terkadang menimbulkan persoalan yang bisa menggoyahkan kepercayaan pasangan. 

Banyak orang mengatakan jarak bukanlah penghalang suatu hubungan. Namun, terkadang akan hadir satu atau lebih masalah yang mengacaukan hubungan LDR kalian. 

Setelah kalian sudah lama bersama, menyerah tentu bukan menjadi jalan keluar. Ada sejumlah cara yang dapat kamu ambil untuk meyakinkan pasangan LDR agar tak memilih jalan keluar tersebut, melansir dari Hellosehat.com. 

1. Selalu bicarakan dan terbuka dengan masalah apapun

Kejujuran menjadi kunci utama agar hubungan kamu dan si dia enggak kandas di tengah jalan.  Baik itu hubungan jarak jauh maupun hubungan jarak dekat, kejujuran tetap menjadi kunci utama. 

Bedanya, pasangan LDR kerap dirundung rasa curiga dan waswas pada pasangannya. Takut si dia selingkuh atau menemukan tambatan hati lainnya. 

Seorang ahli hubungan percintaan, Chris Pleines menyarankan agar kamu selalu terbuka dalam hal apa pun pada pasangan saat LDR. Cobalah diskusikan masalah yang mengganjal hati dan pikiranmu bersama pasangan. 

Setelahnya, carilah jalan keluar terbaik atas masalah yang kalian berdua hadapi. Berani jujur dengan pasangan sudah menunjukkan bahwa kamu tidak menutupi apa pun darinya. Dengan cara ini diharapkan kamu dan pasangan dapat meyakinkan satu sama lain meski sedang LDR.

Baca juga: 5 Tanda Kamu Harus Mengakhiri Hubungan

2. Dengarkan keluh kesah pasangan atas sikapmu

Mendengarkan segala unek-unek dan keluh kesah satu sama lain sebenarnya bisa menunjukkan betapa besar perasaan dan keyakinan kamu dengan pasangan. Meski tidak dapat menyentuh pasangan secara fisik, cara ini menunjukkan kamu menghargai keberadaannya.

Saat kamu membuat kesalahan dan membuat dia kurang yakin dengan hubungan kalian, siapkanlah sepasang telinga untuk menampung semua ocehannya. Sebab, mungkin hanya ini yang bisa kamu lakukan saat jarak memisahkan kalian.

Bersedia mendengarkan dan mengerti unek-unek pasangan bisa menjadi bahan untuk mengevaluasi diri sendiri. Termasuk untuk menghindari hal-hal yang tidak disukai pasanganmu.

Kamu bisa mengajak pasangan untuk telepon atau video call dan saling terbuka satu sama lain. Menanyakan kondisi hati si dia bisa membuat dia merasa berharga. 

Selebihnya, unek-unek itu bisa dijadikan bahan evaluasi untuk merubah sikapmu agar tak menjadi alasan timbulnya masalah. Cara ini diharapkan bisa membantu kamu meyakinkan pasangan untuk membina hubungan jarak jauh. 

3. Sempatkan quality time

Dari sekian banyak pasangan kekasih yang menjalani hubungan jarak jauh, beberapa di antaranya gugur di tengah jalan. Ada beragam alasan yang mendasari hal tersebut, salah satunya karena merasa pasangannya terlalu sibuk sehingga tidak mendapatkan quality time. 

Hubungan yang mulai goyah karena masalah tertentu sebetulnya dapat disembuhkan dengan menyempatkan quality time bersama. Cobalah turunkan ego masing-masing untuk meluangkan sedikit waktu dengan pasangan. 

Misalnya, kamu menyempatkan diri pulang lebih awal dari kantor biar bisa teleponan sama si dia. Atau kamu bisa mengatur jadwal dan mengambil cuti sejenak untuk menemuinya. Setelah berbulan-bulan terpisah jarak dan waktu, manfaatkan beberapa hari untuk menghabiskan waktu dengannya. Cara ini bisa membantu meyakinkan pasangan bahwa kamu benar-benar serius menjalani hubungan meski terpisah jarak. 

Baca juga: 6 Tanda Hubungan Pernikahan Tak Bahagia, Salah Satunya Sudah Tak Saling Sentuh

4. Buat komitmen bersama

Kamu harus membuat komitmen bersama sebelum berani memutuskan untuk membina hubungan jarak jauh. Namun, seiring berjalannya masa-masa LDR, ditambah dengan munculnya satu atau beberapa masalah, bisa saja melunturkan kepercayaan pasangan.

Nah, di sinilah perlunya membangun kembali komitmen tersebut yang mungkin mulai pudar. Hanya saja, komitmen satu ini lebih kepada usaha kalian untuk menghindari pertengkaran. 

Misalnya, kamu pernah ketahuan enggak jujur sama pasangan mengenai suatu hal. Meski dia sudah memaafkanmu, kamu harus kembali membangun komitmen agar tak mengulang kesalahan yang sama. 

Jika kamu dan pasanganmu saling jujur, saling percaya, dan saling terbuka satu sama lain, dijamin hubungan jarak jauh akan berjalan lancar. Kamu juga perlu mengikuti empat tips ini agar hubungan kamu dan dia tetap langgeng. 



(CIA)

Berita Lainnya