Jokowi: Indonesia Tak Akan Impor Beras Hingga Juni 2021

Presiden Joko Widodo. Youtube Sekretariat Presiden. Presiden Joko Widodo. Youtube Sekretariat Presiden.

Apakareba: Isu impor beras oleh pemerintah hingga 1 juta ton menuai polemik. Pasalnya, rencana impor itu dilakukan saat musim panen.  

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Indonesia tidak akan mengimpor beras. Indonesia sudah tidak mengimpor beras selama tiga tahun.
 
"Saya pastikan bahwa sampai Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita Indonesia," kata Jokowi dalam konferensi video yang diunggah di Youtube Sekretariat Presiden, Jakarta, Jumat, 26 Maret 2021, seperti dilansir dari Medcom.id. 
 
Jokowi tak menampik Indonesia menandatangani kerja sama pengadaan beras dengan Thailand dan Vietnam. Namun, kerja sama itu hanya untuk berjaga-jaga.

"Mengingat situasi pandemi yang penuh ketidakpastian, saya tegaskan sekali lagi, berasnya belum masuk," tegas Jokowi.

Baca juga: Pemerintah Larang Mudik Lebaran Tahun Ini

Kepala Negara mengatakan pemerintah akan mengutamakan beras dari petani dalam negeri. Beras tersebut akan diserap oleh Perum Bulog.
 
"Saya akan segera memerintahkan Kementerian Keuangan agar membantu terkait anggarannya," ujar dia.
 
Jokowi mengakui harga beras belum sesuai yang diharapkan petani. Dia meminta semua pihak berhenti memperdebatkan masalah impor beras.
 
"Segera hentikan perdebatan berkaitan impor beras. Ini justru bisa membuat harga jual gabah di tingkat petani turun atau anjlok," tutur dia. (Nur Azizah)



(CIA)

Berita Lainnya