Gammara! Toraja Utara Punya Negeri di Atas Awan

Terbitnya matahari dengan semburat sinarnya yang dipantulkan hamparan awan menciptakan kesan magis. (IOX Overland Celebes 2017/Dewi Nurcahyani) Terbitnya matahari dengan semburat sinarnya yang dipantulkan hamparan awan menciptakan kesan magis. (IOX Overland Celebes 2017/Dewi Nurcahyani)

Apakareba: Jalan-jalan di sore hari memang sangat menyenangkan. Matahari yang tidak begitu terik dan udaranya yang hangat membuat kita sesekali melirik ke atas untuk memandangi awan. Tak jarang juga kita merasa penasaran bagaimana rasanya memandangi awan dari atas.

Tetapi apakah kamu tahu? Di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kampung Lolai, Kecamatan Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara, kamu bisa menikmati sensasi berada di atas awan. Kampung yang dijuluki sebagai ‘Negeri di Atas Awan’ ini menawarkan panorama hamparan awan yang tebal. Bagaimana tidak, kampung ini berada di ketinggian 1.300 mdpl.

Perjalanan dari ibu kota Kabupaten Toraja Utara, Kota Rantepao, menuju ke tempat wisata ini memakan waktu kurang lebih 35 menit dengan jarak sekitar 20 km. Tempat pariwisata ini dapat diakses menggunakan mobil maupun sepeda motor.

Di sekitar puncak Kampung Lolai, kalian juga bisa melihat salah satu representasi kebudayaan Toraja berupa rumah adat, yakni rumah Tongkonan. Deretan rumah Tongkonan ini dikenal dengan sebutan Tongkonan Lempe. Di terasnya, para wisatawan diperbolehkan untuk duduk sembari menikmati panorama alam yang indah.

Tempat wisata ini tak hanya bisa dinikmati pada pagi hingga sore hari. Saat malam hari kalian akan disajikan dengan pemandangan indah lainnya, yaitu pemandangan gemerlap lampu Kota Rantepao. Dijamin kalian pasti betah deh seharian penuh di sini. Tetapi kalau mau menghabiskan waktu lebih lama di Kampung Lolai ini, apakah ada tempat penginapan?

Pastinya ada dong, fasilitas tempat penginapan pun sudah tersedia di tempat wisata ini. Dengan meningkatnya minat para turis yang mengunjungi Kampung Lolai, penduduk setempat memutuskan untuk menyewakan Tongkonan sebagai homestay. Tetapi buat kalian yang lebih suka berkemah, di sini juga terdapat penyewaan tenda.

Selain itu, buat kalian yang suka foto-foto dan update story di Instagram, di sana terdapat spot foto keren yang bisa digunakan secara gratis. Nama tempatnya adalah Pongtorra. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai pemberhentian terakhir sebelum kalian meninggalkan Kampung Lolai.

Wah! Keren (gammara) sekali ya Toraja Utara ini. Bagi kalian yang penasaran bagaimana sensasi berada di atas awan, Kampung Lolai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Oiya, jangan lupa untuk membawa jaket atau baju hangat lainnya ya. Sebab, udara di sana sangat dingin lho..



(SYI)

Berita Lainnya