Pemprov Sultra Gelar Festival Labengki untuk Sedot Wisatawan

Pariwisata Sultra/Dok:MI Pariwisata Sultra/Dok:MI

Apakareba: Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mempromosikan diri guna mengajak wisatawan mengunjungi wilayahnya. Salah satunya, pulau yang berada di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sultra, yang memiliki potensi wisata yang besar.

Beberapa tahun lalu, Pemprov Sultra dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara sukses mempromosikan wisata di Kabupaten Wakatobi. mempromosikan Pulau Labengki lewat festival wisata.

Perhelatan Festival Labengki dikerjasamakan dengan dua media massa Media Group, Metro TV dan Media Indonesia. Festival kian semarak dengan kehadiran artis Ibu Kota, Cita Citata.

Keindahan pantai Labengki juga didukung oleh batu-batu karang yang menjulang tinggi dan menyebar acak hingga ke tengah laut. Selain menikmati pantai dengan pasir putihnya, wisatawan juga dapat menyaksikan terumbu karang dan bisa melakukan snorkeling atau diving.

Untuk bisa menikmati keindahan bawah laut, wisatawan tak perlu lagi membawa peralatan menyelam, karena di Pulau Labengki telah disiapkan seluruh perlengkapan yang dibutuhkan dan bisa disewa oleh wisatawan.

Baca juga: BIN Sulbar Siapkan Tambahan 13 Ribu Dosis untuk Vaksinasi Massal Tahap Ketiga
 
Menurut salah seorang pengelola wisata Labengki, Abdul Halim, saat mengeksplorasi alam bawah laut, wisatawan bisa menjumpai lumba-lumba. Berenang bersama lumba-lumba ini membuat wisatawan sangat terhibur.

Di Labengki, pengunjung juga bisa melihat kima raksasa berukuran 50 sentimeter. Kima merupakan genus kerang berukuran besar yang biasa menghuni perairan laut hangat.

Selain menikmati keindahan bawah laut, wisatawan juga bisa memancing dari atas perahu atau kapal karena di perairan Labengki terdapat ikan-ikan seperti tuna sirip kuning, kakap merah, kerapu ikan layar, dan beberapa jenis biota laut.

Tak hanya wisata laut, pengunjung yang datang ke Pulau Labengki bisa juga menjelajahi Laguna Tobelo. Spot wisata tersebut masih jarang dikunjungi dan itu tertutup pasang surut air laut, jadi hanya bisa masuk melalui gua saat air laut sedang surut.

Promosi wisata Pulau Labengki di Kabupaten Konawe Utara akan dilakukan setiap tahun. “Jika semua destinasi wisata bisa dihidupkan, Sulawesi Tenggara akan menjadi daerah yang sangat mapan di Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, La Ode Syaifuddin, dilansir Media Indonesia, Senin, 6 Desember 2021.

Festival Labengki 2021 merupakan bukti bahwa Sultra sangat sungguh-sungguh dalam memperkenalkan potensi wisatanya.



(NAI)