Pemprov Sulsel Beri Subsidi untuk Penerbangan Toraja-Balikpapan

Peresmian penerbangan perdana dari Bandara Buntu Kunik Tana Toraja, Sulsel menuju Balikpapan, Jumat (7/10/2022). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel Peresmian penerbangan perdana dari Bandara Buntu Kunik Tana Toraja, Sulsel menuju Balikpapan, Jumat (7/10/2022). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel

Apakareba.id: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan subsidi untuk penerbangan rute Toraja-Balikpapan senilai Rp2,5 miliar. Hal itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tana Toraja.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan pihaknya telah mengalokasikan anggaran Rp22,5 miliar untuk membantu keuangan bagi Kabupaten Tana Toraja. Sebesar Rp2,5 miliar di antaranya dikhususkan untuk subsidi penerbangan. 

Subsidi itu membuat penerbangan langsung (direct flight) dari Toraja menuju Balikpapan dan sebaliknya bisa terealisasi. Penerbangan rute ini dilayani secara reguler setiap Jumat dan Minggu.

Langkah yang dilakukan Gubernur Sulsel itu pun mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Menurutnya, ini merupakan salah satu langkah yang tepat untuk memulihkan kembali sektor penerbangan setelah terdampak covid-19

"Kami mengapresiasi bantuan subsidi penerbangan yang dilakukan Gubernur Sulsel dan akan dijadikan role model bagi provinsi maupun kabupaten lainnya," kata Menhub, dikutip dari Antara, Kamis, 24 November 2022. 

"Kolaborasi dengan Kabupaten untuk pelaksanaan subsidi merupakan inovasi dan best practice yang bisa dicontoh daerah lain. Belum ada provinsi yang melakukan seperti Provinsi Sulsel," lanjutnya.



(SUR)

Berita Lainnya