Ingin Berlibur Saat Musim Hujan? Cek 4 Komponen pada Mobil Sebelum Jalan

Ilustrasi mengemudi di saat hujan. Mitsubishi Ilustrasi mengemudi di saat hujan. Mitsubishi

Apakareba:  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem dan hujan deras akan berlangsung beberapa pekan ke depan. Saat hujan, kondisi kendaraan penting diperhatikan, terutama saat tengah berkendara.

Selain memberikan efek jalanan yang licin, visibilitas pengendara tentu jadi berkurang bila dibandingkan dengan kondisi cerah. Maka dari itu, persiapan kendaraan untuk musim hujan perlu dilakukan dengan memeriksa komponen penting di mobil agar dapat digunakan secara optimal.
 
Dirangkum dari Medcom.id, berikut empat sektor di mobil yang dapat Anda cek sebagai persiapan berkendara saat musim hujan.
 
1. Kondisi wiper
Wiper merupakan peranti utama di mobil yang wajib diperiksa. Wiper berfungsi menyapu air dari kaca mobil agar visibilitas pengemudi tetap terjaga. Untuk itu pengecekan wiper menjadi hal yang wajib dilakukan ketika memasuki musim hujan.
 
Periksa kondisi karet wiper, jika kondisi karet wiper sudah keras sebaiknya diganti agar berfungsi membersihkan kaca mobil dengan baik dan membuat pandangan tidak terganggu. Selain itu, lakukan perawatan pada tabung air wiper dan nosel penyemprot. Pastikan kondisinya selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor.

2. Kondisi ban mobil
Ban merupakan komponen mobil yang langsung berhubungan dengan jalan. Namun, kita harus tetap waspada kondisi ban ketika berkendara di permukaan yang basah dan licin supaya tidak menyebabkan mobil kehilangan traksi atau melintir.
 
Agar perjalanan Anda lancar selalu perhatikan kondisi ban, terutama alurnya. Jika permukaan dan alur ban sudah botak, segera ganti ban Anda dengan yang baru.

Baca juga: 4 Kegiatan Asyik untuk Mengisi Libur Akhir Tahun di Rumah

3. Kondisi rem
Rem merupakan komponen yang wajib dicek secara berkala untuk memastikan keamanan berkendara, terlebih pada musim hujan. Jarak pengereman kendaraan di musim hujan lebih panjang daripada pada saat kondisi jalanan kering.
 
4. Kelistrikan mobil
Lampu merupakan komponen penting untuk membantu visibilitas pengemudi, terlebih pada saat mengendarai saat hujan deras. Pastikan seluruh lampu mobil, baik depan maupun belakang berada dalam kondisi baik.
 
Sebab, peran lampu saat hujan deras sangat penting bagi pengendara, juga pengendara lain untuk mengetahui posisi kendaraan. Pastikan fungsi kelistrikan yang utama di mobil semua berfungsi dengan baik. Mulai dari meter cluster, headlamp, sign, hazard, brake lamp, lampu senja, dan lainnya.



(NAI)

Berita Lainnya