4 Kegiatan Asyik untuk Mengisi Libur Akhir Tahun di Rumah

Ilustrasi: Dok. Zenius Ilustrasi: Dok. Zenius

Apakareba: Akhir tahun menjadi momen yang selalu dinantikan oleh banyak orang. Salah satunya karena adanya perayaan Hari Natal serta pergantian tahun. Momen akhir tahun dapat dimanfaatkan sebagai masa liburan bagi para siswa, mahasiswa, hingga pekerja kantoran.

Namun, suasana pandemi masih menjadi penghalang sehingga waktu liburan hanya dapat dilakukan di rumah. Agar liburan tidak membosankan dan lebih bermanfaat, Anda dapat mencoba kegiatan baru yang bisa dilakukan di rumah, dirangkum dari Medcom.id, berikut informasinya:
 
1. Membuat kerajinan tangan
Anda bisa mencoba berbagai kegiatan pembuatan kerajinan tangan, seperti merajut, merangkai bunga, menjahit, makrame (kesenian membuat anyaman simpul berbahan kain/tali), dan masih banyak lagi. Kerajinan tangan juga memiliki tingkat kesulitan yang beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuanmu.

Pakaian yang sudah tidak terpakai juga dapat digunakan sebagai bahan utama maupun barang bekas. Dengan mencoba membuat kerajinan tangan,  tentunya akan melatih kreativitas Anda.

2. Memasak dan membuat kue
Bagi Anda yang selama ini hanya suka mencoba berbagai makanan, mungkin ini saatnya untuk mengeksplor keahlian dalam memasak. Bagi beberapa orang, kegiatan memasak bahkan jauh lebih menyenangkan daripada sekadar mengonsumsi makanan yang sudah siap santap.
 
Dengan memasak, Anda bisa menghasilkan hidangan yang sesuai dengan cita rasamu sendiri.

Baca juga: Jangan Tertipu! Ini Tips Mengecek Keaslian STNK dan BPKB Kendaraan Bekas

3. Olahraga
Seringkali orang tidak berolahraga karena malas bergerak, padahal, terdapat pilihan olahraga yang tidak memerlukan banyak gerakan misalnya yoga dan pilates.

Olahraga juga bisa dibuat lebih menyenangkan dengan dilakukan bersama sahabat, mengikuti kelas olahraga, ataupun mendengarkan musik favorit.

Selain baik untuk kesehatan, berolahraga juga terbukti dapat meningkatkan hormon endorfin yang akan membuat Anda lebih bahagia serta terhindar dari stres.

4. Coba belajar bahasa asing
Jika Anda ingin mencari kegiatan yang dapat membuat kamu lebih cerdas, cobalah untuk mempelajari bahasa asing. Menurut penelitian, menguasai lebih dari satu bahasa dapat melatih otak untuk melihat sesuatu tidak hanya dari satu sisi saja.
 
Selain itu, kemampuan ini juga sangat berguna bagi Anda untuk mendapat beasiswa ataupun berkomunikasi dalam dunia kerja nantinya. Bagi Anda yang menyukai budaya Korea seperti K-pop dan K-drama, mempelajari Bahasa Korea bisa menjadi agenda yang menarik.

Nah, itulah empat ide kegiatan yang bisa Anda lakukan saat liburan. Mencoba hal baru mungkin terlihat sulit dan menakutkan. Dengan mencoba hal baru, Anda dapat memperkaya pengalaman sekaligus melatih kreativitas. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.



(NAI)

Berita Lainnya