Ini 7 Cara Agar Tidak Ngorok Saat Tidur, Berhenti Merokok Salah Satunya

Ngorok bisa membuat orang di sekitar tidak nyaman bahkan sangat terganggu. (Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com) Ngorok bisa membuat orang di sekitar tidak nyaman bahkan sangat terganggu. (Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Saat sedang tidur, ada kebiasaan yang kerap terjadi tanpa disadari yaitu mendengkur atau ngorok. Suara kasar yang dikeluarkan saat sedang terlelap tersebut dapat membuat orang lain tidak nyaman atau terganggu. Namun, kabar baiknya, ngorok adalah salah satu kebiasaan yang bisa dihindari lho!

Berikut 7 cara menghindari kebiasaan ngorok, dilansir dari gaya.id, pada Rabu, 7 September 2022.

1. Menurunkan berat badan

Orang yang kelebihan berat badan lebih cenderung mendengkur. Jaringan lemak dan otot yang buruk, terutama di sekitar tenggorokan berkontribusi pada dengkuran.

Maka, usahakan untuk menurunkan berat badan. Caranya, menghitung dan membatasi kalori yang dikonsumsi dalam sehari, olahraga teratur, menjaga pola tidur, serta konsumsi makan-makanan bergizi.

2. Tidur di satu sisi

Seseorang lebih mungkin mendengkur jika mereka berbaring telentang, yang dapat menyebabkan lidah bergerak ke belakang tenggorokan. Hal ini membuat napas menjadi lebih sulit sehingga menyebabkan getaran mendengkur.

Tidur di satu sisi memungkinkan udara mengalir lebih lancar, mengurangi getaran. Cara ini dapat menghentikan suara mendengkur atau membuatnya lebih tenang.

3. Berhenti Merokok

Selain membahayakan kesehatan secara keseluruhan, merokok juga dapat mengiritasi saluran udara. Bahkan, kebiasaan merokok dapat memperparah dengkuran. Maka, jika seseorang merokok, berhenti merokok mungkin membantu mereka mengurangi dengkuran.

4. Menghindari alkohol                   

Minum alkohol dalam jumlah banyak dapat melemaskan otot tenggorokan. Saat otot-otot ini rileks, mereka lebih cenderung bergetar. Oleh karena itu,  menghindari alkohol sebelum tidur juga dapat mengurangi atau menghentikan dengkuran.

5. Menghindari obat tidur

Obat penenang atau pil tidur memang bisa membuat tidur lebih nyenyak. Sayangnya, hal itu juga memiliki efek relaksasi pada otot tenggorokan sehingga menyebabkan dengkuran. Oleh karena itu, cobalah menghindari konsumsi obat tidur.

6. Mengangkat kepala

Mengangkat kepala menggunakan bantal tambahan dapat membantu membuka saluran udara, mengurangi atau menghilangkan dengkuran. Alternatifnya, bisa menggunakan bantal yang dirancang untuk menopang tubuh dan mencegah dengkuran.

7. Mengobati alergi

Reaksi alergi dapat menyebabkan saluran udara tersumbat. Ini tentu dapat memperburuk dengkuran. Jika, dengkuran seseorang disebabkan oleh alergi, maka mendapatkan pengobatan yang efektif juga dapat membantu.

BACA: 4 Cara Menjaga Kulit Wajah Agar Tetap Sehat dan Awet Muda



(UWA)

Berita Lainnya