4 Cara Menjaga Kulit Wajah Agar Tetap Sehat dan Awet Muda

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Semua orang tentunya mendambakan mempunyai kulit wajah yang sehat dan awet muda. Untuk mendapatkannya, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menggunakan produk perawatan kulit atau skincare hingga menerapkan pola hidup yang sehat.

Untuk memiliki kulit sehat dan awet muda dibutuhkan perawatan yang sesuai. Serta, menjaga tingkat stres dan suasana hati juga dapat mempengaruhi tampilan kulit.

Dilansir dari Gaya.id pada Selasa, 6 September 2022, berikut adalah kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit wajah agar terasa lebih sehat dan terlihat awet muda.

1. Melakukan senam wajah

Seiring dengan meningkatnya usia, wajah mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan otot wajah yang mengendur. Dengan melakukan senam wajah, bisa membantu melancarkan sirkulasi darah di bagian muka.

Tidak hanya itu, senam wajah juga bisa melatih sekaligus memperbaiki otot wajah yang kendur menjadi kencang kembali. Cara untuk melakukan senam wajah bisa dimulai dari merelaksasi otot wajah yang kaku, kemudian memberikan pijatan pada bagian area wajah.

2. Mengurangi tekanan dan stres

Bukan hanya bertambahnya usia, namun ketika merasa tertekan dan stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang bisa memicu kerusakan sel-sel tubuh termasuk wajah. Hal tersebut pastinya bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini.

Maka dari itu, untuk menjaga wajah tetap sehat dan awet muda, perlu mengurangi stres secara berlebihan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan stres, seperti melakukan relaksasi, berjalan santai, mendengarkan lagu-lagu kesukaan, dan melakukan hal yang membuat senang.

 

BACA: Ternyata Mandi Air Hangat Bisa Mengurangi Stres

 

3. Menjaga pola tidur yang sehat

Tubuh membutuhkan waktu untuk melakukan perbaikan dan regenerasi, termasuk pada kulit. Proses ini memerlukan waktu supaya kulit bisa memperbaiki sel dan jaringan kulit yang rusak. Oleh karena itu, tidur yang cukup adalah satu cara terbaik untuk memperlambat proses penuaan.

Dengan tidur yang cukup, jaringan tubuh dan kulit akan mengalami regenerasi dengan lebih baik sehingga kulit dapat tetap kencang dan segar. 

4. Rajin membersihkan dan merawat wajah

Setelah seharian beraktivitas, sebaiknya meluangkan waktu untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu yang menempel di wajah. Membersihkan wajah dari kotoran dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan menggunakan rangkaian produk perawatan kulit. Melakukan double cleansing juga bisa dilakukan untuk membersihkan dan merawat wajah.

 

BACA: Mulailah Lakukan Double Cleansing, Manfaatnya Banyak



(SUR)

Berita Lainnya