Pemkab Konawe Utara Salurkan Stimulan Rumah Swadaya untuk Masyarakat Kategori Miskin Ekstrem

Bupati Konawe Utara, Dr.H Ruksamin, MSi saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan melalui Bantuan Stimulaan Rumah Swadaya (BSRS). (Foto Antara/HO-Humas Konut) Bupati Konawe Utara, Dr.H Ruksamin, MSi saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan melalui Bantuan Stimulaan Rumah Swadaya (BSRS). (Foto Antara/HO-Humas Konut)

Kendari: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, memberikan bantuan kepada masyarakat melalui Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) untuk mempercepat terwujudnya rumah layak huni. BSRS merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sekaligus bentuk dukungan program Percepatan Penurunan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) di Konawe Utara.

"Jadi sasaran BSRS itu dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat berpenghasilan rendah agar mampu membangun dan meningkatkan kualitas rumah, sehingga dapat menghuni rumah yang layak dalam lingkungan yang sehat dan aman," ujar Bupati Konawe Utara, Ruksamin, dilansir dari Antaranews.com, Selasa, 24 Oktober 2023.

Pemkab Konawe Utara menargetkan pembangunan 40 unit hunian baru dan 81 unit peningkatan kualitas rumah dalam jangka 90 hari. Setelahnya, dana yang dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui DPA – OPD Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman sebesar Rp4 miliar tersebut akan dialokasikan.

Program BSRE adalah salah satu kegiatan dalam pelaksanaan URC – KISS yang merupakan program unggulan Kabupaten Konawe Utara dalam mengatasi tiga masalah yang saat ini menjadi fokus program nasional yaitu, penuntasan kemiskinan ekstrem, inflasi dan stunting, yang dilaksanakan secara selaras.

(SUR)

Berita Lainnya