30 Narapidana Lapas Kelas IIB Tahuna Ikuti Program Pendidikan Kesetaraan

Kepala Lapas Tahuna Suharno Kepala Lapas Tahuna Suharno

Manado: Lapas Tahuna bekerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Pioneer Tahuna melaksanakan sebuah program pendidikan kesetaraan tingkat paket A, B, dan C yang diikuti 30 Narapidana di Lapas Kelas IIB Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Pendidikan paket A setara dengan Sekolah Dasar (SD), paket B setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan paket C setara Sekolah Menengah Atas (SMA).

Program pendidikan kesetaraan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada narapidana agar memiliki keterampilan yang berguna ketika mereka kembali ke masyarakat setelah bebas.

"Nantinya setelah bebas, warga binaan tersebut dapat meningkatkan pendidikannya atau untuk mencari pekerjaan," kata Kepala Lapas Tahuna Suharno, dikutip dari Antara News, Sabtu, 9 Agustus 2023.

Selain pendidikan kesetaraan, Lapas Tahuna juga menjalankan program untuk mengatasi buta huruf. Delapan narapidana juga ikut serta dalam program ini melalui kerja sama dengan PKBM Pioneer. 

"Melalui kegiatan ini, diharapkan warga binaan yang tadinya tidak bisa menulis dan membaca, sudah bisa menulis dan membaca," kata Suharno.



(SUR)

Berita Lainnya