Bingung Wajah Berminyak Berlebihan? Yuk Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya!

(Chimento menyarankan untuk mencuci wajah dua sampai tiga kali sehari jika keringat berlebihan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com) (Chimento menyarankan untuk mencuci wajah dua sampai tiga kali sehari jika keringat berlebihan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Apakareba: Semua orang tentu tidak akan menyukai jika memiliki kulit wajah berminyak yang lebih. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan dalam kesehatan dan kecantikan. Mungkin sebagian orang pernah berpikir bahwa dengan rutin mencuci wajah dapat mengurangi produksi minyak. Hati-hati, bila mencuci wajah secara berlebihan akan merusak atau mengiritasi kulit wajah.

Sebelum mencari tahu bagaimana cara mengatasi kulit wajah berminyak, harus tahu dahulu apa penyebabnya.

Dilansir dari Gaya.id, Kepala Emeritus Divisi Kosmetik dan Dermatologi di Mount Sinai Health System, Hooman Khorasani, menyebut kulit berminyak memiliki berbagai macam penyebab. Pertama, kulit lebih berpotensi berminyak jika memiliki lebih banyak kelenjar sebasea.

“Minyak yang terdapat pada kulit berasal dari kelenjar sebasea. Biasanya, kelenjar ini ada di sekitar folikel rambut. Kelenjar menghasilkan sebum, zat minyak yang mengandung ceramide,” kata Hooman Khorasani.

Ceramide adalah asam lemak yang membantu membentuk pelindung kulit. Penghalang ini dimaksudkan untuk melindungi dari tekanan lingkungan seperti polusi atau matahari. Selain itu, membantu kulit mengatur tingkat kelembapan.

“Jumlah kelenjar sebasea ditentukan secara genetik. Orang yang kulitnya lebih cerah biasanya memiliki lebih banyak kelenjar sebasea,” katanya.

Area T-zone, yaitu bagian dahi, hidung, dagu, dan sekitar mulut biasanya bagian wajah paling berminyak karena bagian tersebut memiliki kelenjar sebasea yang lebih banyak. Faktor lain yang dapat menyebabkan kulit berminyak ialah hormon, terutama selama masa remaja atau kehamilan.

 

Baca Juga: 9 Tips Atasi Kerutan di Wajah, Dijamin Jadi Awet Muda!

 

Faktor berikutnya, obat-obatan, kecemasan atau stress, faktor lingkungan, keringat berlebihan, kulit kering juga merupakan penyebab dari kulit berminyak. Ahli dermatologi Riverchase, Stacy Chimento, mengatakan eksfoliasi yang berlebihan dapat mengganggu fungsi alami penghalang kulit, sehingga menyebabkan kulit menjadi dehidrasi dan membuat kulit terasa lebih kencang.

Faktor lain, produk perawatan kulit yang keras juga dapat menyebabkan menghilangnya minyak alami kulit yang kerap menyebabkan masalah. Kulit kurang lembab, akan terasa kencang, gatal, dan terlihat lebih berminyak.

Dia menyarankan untuk mencuci wajah hanya dua kali sehari untuk mengatasi masalah kulit berminyak atau tiga kali sehari jika keringat berlebihan. Selain itu, jangan terlalu sering mencuci wajah secara berlebihan karena dapat menyebabkan produksi minyak yang berlebihan.



(SUR)

Berita Lainnya