9 Tips Atasi Kerutan di Wajah, Dijamin Jadi Awet Muda!

Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com

Jakarta: Kerutan atau garis halus di area wajah kerap muncul seiring bertambahnya usia. Alih-alih merogoh kocek dalam untuk melakukan perawatan, banyak hal yang dapat dilakukan untuk menyamarkannya, lho!

Sebenarnya, menjaga kulit wajah harus dilakukan sejak dini. Tidak perlu menunggu kerutan muncul terlebih dahulu. Namun, jika sudah terlanjur ada, Anda bisa lakukan 9 langkah ini untuk menyamarkannya.

Dirangkum dari WebMD, berikut 9 langkah untuk menyamarkan garis halus pada wajah:

1. Lakukan dasar perawatan kulit

Jika ingin memiliki kulit tanpa garis halus, mulailah dari hal penting. Yakni, menghindari matahari, menggunakan tabir surya saat keluar rumah, serta menggunakan pelembab.

Kulit yang awet muda juga bisa didapatkan jika Anda tidak merokok.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 4 Cara Memilih Sunscreen untuk Pemilik Kulit Gelap

2. Tidur telentang

Tidur dalam posisi tertentu dapat menimbulkan garis tidur pada wajah. Garis halus di lapisan atas kulit itu nyatanya tidak memudar begitu saja. Terutama, jika Anda sering mendapatkannya. 

Misalnya, tidur miring menyebabkan kerutan di pipi dan dagu. Sedangkan tidur telungkup membuat kerutan di sekitar alis. Oleh karena itu, tidurlah telentang.

3. Konsumsi salmon

Salmon merupakan sumber protein dan yang baik. Jenis ikan ini juga salah satu bahan pembangun kulit yang bagus. 

Selain itu, Salmon kaya akan asam lemak omega-3. Menurut para ahli, asam lemak esensial ini berguna untuk membuat kulit tetap kenyal dan awet muda. 

4. Jangan menyipitkan mata

Ekspresi wajah yang dilakukan berulang kali berpotensi membuat otot wajah bekerja terlalu keras. Alhasil, lekukan di bawah permukaan kulit akan terbentuk dan kerutan akan muncul. 

Jadi, gunakan kacamata baca jika Anda membutuhkannya. Gunakan juga kacamata hitam saat beraktivitas di bawah terik matahari. 

Baca juga: Tanpa Disadari, 3 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulit

5. Menggunakan Alpha-Hydroxy Acids (AHAs)

Asam alami ini mengangkat lapisan atas sel kulit mati. Itu membantu mengurangi munculnya pori-pori, garis halus, dan kerutan di permukaan kulit. Terutama di sekitar mata. 

Sedangkan bentuk AHA yang lebih kuat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit. Kolagen berguna memberi kekuatan dan kekencangan kulit. Namun, gunakan penggunaan AHA harus dibarengi oleh tabir surya, ya!

6. Jangan mencuci muka berlebihan

Air dapat menghilangkan kelembaban kulit dan minyak alami yang melindungi dari kerutan. Maka, cuci muka secukupnya saja. Jangan lupa gunakan sabun dengan pelembab atau pembersih gel sebagai gantinya. 

7. Gunakan vitamin C

Sejumlah penelitian menemukan bahwa krim dengan vitamin C dapat meningkatkan jumlah kolagen yang dibuat kulit. Vitamin C melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB, membantu kemerahan, bintik hitam, serta warna kulit tidak merata.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 5 Khasiat Kulit Apel bagi Kesehatan Tubuh

8. Kedelai untuk perawatan kulit

Studi menunjukkan kedelai yang dioleskan ke kulit atau dikonsumsi sebagai suplemen dapat membantu melindungi atau bahkan menyembuhkan beberapa kerusakan akibat sinar matahari. Ini dapat membantu mengencangkan kulit Anda.

9. Konsumsi Kakao

Kakao mengandung dua antioksidan tinggi, yaitu epicatechin dan catechin. Keduanya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke sel-sel kulit, menjaga kelembaban, dan membuat kulit lebih halus.



(UWA)

Berita Lainnya