Pendakian Gunung Bawakaraeng Sulsel Ditutup Lantaran Cuaca Buruk

Ilustrasi. (Pexels) Ilustrasi. (Pexels)

Apakareba.id: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), menutup sementara jalur pendakian ke Gunung Bawakaraeng menjelang perayaan malam pergantian tahun baru. Penutupan jalur pendakian itu dilakukan lantaran cuaca buruk yang kerap terjadi di beberapa daerah di Sulsel belakangan ini.

"Kita sampaikan untuk tidak mendaki dulu," kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dikutip dari Medcom.id, Selasa, 27 Desember 2022.

Adnan menjelaskan, penutupan tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi agar tidak ada korban saat pendakian. Apalagi saat ini cuaca di Kabupaten Gowa cukup ekstrem, khususnya di dataran tinggi.

"Karena cuaca ekstrem. Jadi kami imbau tidak mendaki sementara waktu," jelasnya.

Mulai hari ini, pos-pos registrasi untuk pendakian ke Gunung Bawakaraeng pun sudah ditutup. Namun belum diketahui sampai kapan Gunung Bawakaraeng ditutup bagi para pencinta alam.

Sementara itu, Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah 4 Makassar Kabupaten Gowa berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai petir serta angin kencang. 

Selain Kabupaten Gowa, daerah yang berada di Sulsel bagian Selatan seperti Kabupaten Takalar, Kabupaten Jeneponto, Kota Makassar, dan Kabupaten Maros juga berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang.

 



(SUR)

Berita Lainnya