Risih dengan Bau Tak Sedap di Dapur? Segera Bersihkan 5 Spot Ini!

Sumber bau di dapur yang lupa dibersihkan. Foto Shutterstock Sumber bau di dapur yang lupa dibersihkan. Foto Shutterstock

Apakareba:  Dapur merupakan area di rumah yang paling sering kotor, terutama jika Anda memasak setiap hari. Meskipun Anda membersihkannya setelah memasak, namun ada beberapa area di dapur yang masih menimbulkan bau tak sedap.

Beberapa sumber bau biasanya diakibatkan makanan yang tumpah saat memasak, atau tempat sampah yang biasanya tak langsung dibuang setelah memasak.
 
Dikutip dari Well and Good. Berikut ini beberapa sumber bau yang kerap muncul di dapur:

1. Celah antara oven dan lemari atau dinding
Celah ini memang sulit untuk dibersihkan, tetapi banyak kotoran tersangkut di antara ruang kecil itu. Jarak antara oven dan lemari adalah jebakan untuk tumpahan, dan cipratan yang dapat menyebabkan bau tak sedap.

2. Tempat sampah
Tempat sampah Anda mungkin sangat kotor dan bau jika tidak sering membersihkannya. Untungnya, sangat mudah untuk menjaganya tetap bersih.

Baca juga: Ingin Berlibur Saat Musim Hujan? Cek 4 Komponen pada Mobil Sebelum Jalan

3. Oven
Penting untuk membersihkan bagian dalam oven terutama jika digunakan setiap hari. Membersihkan oven satu bulan sekali bisa membuatnya tetap bersih dan mengurangi bau.

4. Tempat penyimpanan sendok dan garpu
Anda mungkin membersihkan peralatan makan setiap hari, namun bagaimana dengan tempatnya? Sendok dan garpu yang baru dicuci biasanya masih menyimpan air, saat Anda langsung menyimpannya di dalam laci atau tempat khusus, air akan mengendap di permukaan dan dapat menimbulkan bau.

5. Lemari es
Saat membersihkan kulkas, Anda terkadang lupa di bagian freezer. Padahal freezer menimbulkan bau apalagi jika tidak dibersihkan.



(NAI)