Jangan Takut Punya Idola, Ini Loh Keuntungannya

psikolog, psikologi, riset, clear, social, anxiety, studi, generasi muda, kesuksesan, orang lain, membandingkan, media sosial, masalah, internalisasi, krisi, citra diri, sempurna, idola, keuntungan, tinytan, pola pikir, emosi, pengaruh psikolog, psikologi, riset, clear, social, anxiety, studi, generasi muda, kesuksesan, orang lain, membandingkan, media sosial, masalah, internalisasi, krisi, citra diri, sempurna, idola, keuntungan, tinytan, pola pikir, emosi, pengaruh

Menurut riset yang dilakukan oleh CLEAR Social Anxiety Study pada 2020, sebanyak 85 persen generasi muda sekarang ini kerap membandingkan diri dengan kesuksesan orang lain yang mereka lihat di media sosial. Lantaran, media sosial apabila diakses secara berlebihan bakal menimbulkan masalah krisis internalisasi atau citra diri sebab sering kali menampilkan hal-hal yang dianggap ‘sempurna’.

Tidak hanya itu, riset yang sama juga menunjukkan bahwa 55 persen generasi muda sering mendapatkan kritik negatif dari orang-orang sekitarnya seperti orang tua, keluarga, teman, ataupun atasa. Bahkan, tidak jarang juga membandingkan prestasi dengan milik orang lain yang dianggap lebih baik.

“Lewat riset tersebut dapat diartikan bahwa banyaknya tuntutan, stigma, dan tekanan yang didapatkan dari faktor eksternal dapat menyebabkan turunnya tingkat ketangguhan mental seseorang,” kata Yuliana Safriani, Senior Brand Manager CLEAR, PT Unilever Indonesia Tbk, dilansir dari Gaya.id, Senin, 31 Oktober 2022.

Di samping itu, Psikolog, dr. Liza Marielly Djaprie, M.Psi, menambahkan banyak yang berpikiran bahwa ketangguhan mental merupakan ketika seseorang tak bisa lelah, tak dapat bersedih, tidak bisa marah, dan tidak dapat putus asa. Padahal, ketangguhan mental merupakan kondisi di mana individu mampu bangkit kembali seusai terjatuh, namun juga belajar dan berkembang untuk menjadi lebih baik.

“Salah satu cara untuk memotivasi generasi muda dalam meraih impian mereka, yakni dengan memiliki sosok idola. Namun hal ini juga harus diiringi dengan upaya meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri. Jika kedua hal ini berdampingan, maka generasi muda dapat mengembangkan karakter mereka secara maksimal, menjadi pribadi yang lebih baik dan membuka peluang yang besar untuk mencapai apa yang mereka impikan,” terang Liza.

Yuliana berpendapat, salah satu cara membangun ketangguhan mental pada generasi muda, antara lain dengan mencari sosok idola yang berpengaruh positif dalam mengarahkan pola pikir, emosi, kreativitas, dan perasaan mereka untuk bangkit demi mencapai mimpi mereka. Maka dari itu, CLEAR menghadirkan kolaborasi bersama TinyTAN untuk menginspirasi generasi muda dalam meraih kesuksesan dan mencapai versi terbaik mereka.

“Hal ini sejalan dengan komitmen CLEAR untuk mendukung generasi muda untuk #MoveUp dengan menjadi versi terbaik dari diri mereka dan menyingkirkan hal negatif yang menghalangi mereka untuk mencapai kesuksesan dengan maksimal. CLEAR melihat bahwa TinyTAN mampu memberikan efek positif ini,” kata Yuliana.

Seperti diketahui, koleksi spesial kolaborasi TinyTAN CLEAR menghadirkan delapan kemasan spesial. Di antaranya ujuh kemasan botol 160 ml yang menampilkan masing-masing karakter dan satu kemasan botol 660 ml dalam bentuk pump yang menampilkan ketujuh karakter TinyTAN.

“Melalui kolaborasi bersama TinyTAN, kami berharap dapat memotivasi generasi muda untuk

membangun pribadi yang lebih percaya diri tanpa takut akan tantangan demi mencapai apa yang mereka impikan,” tutur Yuliana.



(SUR)

Berita Lainnya