Akhir Pekan, BMKG Prakirakan Sejumlah Wilayah Diguyur Hujan

Ilustrasi: Medcom.id Ilustrasi: Medcom.id

Jakarta: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi hujan mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia pada Minggu, 5 Juni 2022. Intensitas hujan tersebut berkisar antara ringan hingga sedang.

"Menurut informasi BMKG yang dikutip di Jakarta, Minggu pagi, sejumlah wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan adalah Jambi, Gorontalo, Bandung, Semarang dan Pontianak," tulis BMKG, dikutip dari Antara, Minggu, 5 Juni 2022.

Kondisi serupa juga terjadi di Banjarmasin, Palangkaraya, Makassar, Medan, Serang dan Pekanbaru. Sedangkan, hujan intensitas sedang diprediksi terjadi di Mataram, Kupang, Mamuju, Manado, dan Palembang.

Baca: Waspada! BMKG: Hujan Lebat Diprediksi Turun di 19 Provinsi Indonesia

Potensi hujan lebat disertai petir akan terjadi di Banda Aceh, Tanjung Pinang, Banjarmasin, serta Mamuju. Sementara, sejumlah kota yang cuacanya cerah berawan, yaitu Yogyakarta, Jakarta Pusat, Surabaya, Tarakan, Ambon, dan Padang.

Untuk wilayah yang diprakirakan berawan adalah Kendari, Manokwari, Kota Jayapura, Ternate, Bandar Lampung, Samarinda, dan Bengkulu. BMKG juga memprediksi suhu di sejumlah kota besar di Indonesia berkisar 18 hingga 33 derajat Celcius dan tingkat kelembaban diperkirakan 55 hingga 100 persen.

Sebagian kota besar Indonesia dipengaruhi oleh sirkulasi siklonik yang terpantau di Laut Banda, Papua bagian selatan yang membentuk konvergensi memanjang di sejumlah wilayah. Kondisi tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang wilayah konvergensi tersebut.



(UWA)

Berita Lainnya