Potret Megahnya Masjid Kubah 99 di Makassar

Potret Masjid 99 Kubah. Sumber: Pegipegi.com Potret Masjid 99 Kubah. Sumber: Pegipegi.com

Apakareba: Warga Makassar mungkin sudah tidak asing lagi dengan siluet dari pembangunan Masjid 99 Kubah. Walau belum rampung 100 persen, masjid ini cukup ikonik lho.

Bahkan pada saat pembangunannya, keindahan dan keunikan masjid tampak dari kejauhan karena memiliki desain serta ornamen yang menarik.

Sesuai dengan namanya, masjid yang berlokasi di tepi Pantai Losari Kota Makassar Sulawesi Selatan ini, dihiasi dengan puluhan kubah. Adapun kubah tersebut terdiri dari berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga besar menghiasi bagian atap dari masjid.

Progres pembangunan masjid ini dijadwalkan rampung pada 2022 dengan sisa pengerjaan 17 kubah dan menara masjid. Sebelumnya, pembangunan tahap awal masjid ini dilakukan pada 2017 dan dilanjutkan tahap kedua pada 2018.

Baca juga:  Miris, 8 Anak di Makassar Dicabuli Marbot Masjid

Masjid dengan luas bangunan 72 meter x 45 meter dengan aksen warna merah dan oranye ini merupakan rancangan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lho. Diketahui, 99 kubah tersebut diambil dari Asmaul Husna yang merupakan nama-nama Allah.

Melansir dari laman resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan, pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan Pemprov Sulsel berkomitmen dalam menyelesaikan pembangunan masjid kebanggaan masyarakat Sulsel ini.

"Tentu, komitmen kita pembangunan masjid ini akan tetap kita lanjutkan. Jadi dilakukan bertahap. Harapan kita tentu semua sama-sama ingin segera menjalankan ibadah di masjid tersebut," katanya, dikutip sulselprov.go.id, Rabu, 1 September 2021.

Berikut ini beberapa potret dari Masjid 99 Kubah di Makassar:


Potret kompleks masjid dari udara
embed

Sumber: Umma.id

Interior masjid
embed
Sumber: beritakotamakassar.com


Potret masjid dari jauh
embed

Sumber: Pegipegi.com


Progres pemasangan lantai masjid
embed

Sumber: Sulselprov.go.id

 

 

 



(NAI)

Berita Lainnya