Yuk Intip 5 Tanaman Hias yang Bakal Ngetren Tahun Depan

Ilustrasi tanaman Syngonium/ Medcom.id Ilustrasi tanaman Syngonium/ Medcom.id

Apakareba:  Pandemi covid-19, membuat banyak masyarakat mulai menyukai bahkan mengoleksi tanaman hias. Misalnya seperti tanaman Philodendron, Monstera, Calathea, hingga kaktus.
 
Lantas tanaman hias apa yang akan booming tahun depan? Beberapa ahli memprediksi ada lima tanaman hias yang bakal diburu tahun depan. Dirangkum dari Medcom.id, berikut 5 informasinya:

1. Hoya

embed
Tanaman hoya. Foto: Shuttersrock
Ida Nordin dan Elin Harryson adalah ahli tanaman di Planta, sebuah aplikasi untuk membantu merawat tanaman. Menurutnya, Hoya akan menjadi tren. Hoya adalah tanaman dengan berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa di antara tanaman Hoya juga memiliki bunga yang paling indah.
 
Dalam hal perawatan, Hoya menyukai cahaya tidak langsung yang terang, jadi letakkan di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari pagi. Kebanyakan Hoya tumbuh menggantung sehingga cocok menjadi dekorasi di dalam rumah. Anda bisa menggantungnya di rak atau meja tinggi.

2. Syngonium

Tanaman yang memiliki banyak varietas cenderung lebih populer, misalnya pothos dan philodendron dengan jenis yang paling banyak. Selain varietas banyak, tanaman dengan perawatan mudah juga bakal menjadi incaran. Seperti tanaman Syngonium.
 
Syngonium lebih menyukai cahaya terang tetapi dapat mentolerir cahaya rendah, namun tentu saja hal itu dapat mengubah warna daunnya. Untuk menyiram syngonium, Anda hanya perlu melakukannya satu hingga dua kali per minggu. Namun pastikan bahwa tanahnya kering sebelum menyiram.

3. Phyllanthus Mirabilis

embed
Tanaman Phyllanthus/ Foto: Shuttersrock
Tanaman lain yang akan populer tahun depan adalah Phyllanthus mirabilis. Tanaman ini adalah spesies dari keluarga Phyllanthaceae dan berasal dari Thailand, Laos, dan Myanmar.
 
Berbeda dari yang lain, tanaman ini sangat unik karena batangnya yang bulat. Selain itu, daunnya juga unik karena akan terbuka di siang hari dan tertutup pada malam. Perawatan tanaman ini juga terbilang mudah, Anda harus memastikan tidak menyiramnya terlalu banyak agar tidak membusuk.

4. Begonia Chlorosticta

Selanjutnya ada begonia, tanaman ini memiliki warna yang menakjubkan dengan pola unik. Begonia chlorosticta terlihat mirip dengan maculata karena daunnya berbintik-bintik.
 
Jika Anda tertarik untuk memilikinya, ingatlah bahwa tanaman ini menyukai kelembapan sehingga letakkan di tempat redup.

5. Philodendron Micans

Tanaman yang diprediksi bakal tren lainnya adalah Philodendron Micans. Tanaman ini sangat indah karena daunnya berwarna hijau dan oranye.
 
Tanaman dalam keluarga Philodendron mungkin tampak sedikit lebih umum, tapi micans unik dan mudah dirawat dibandingkan beberapa sejenisnya. Tanaman ini menyukai cahaya terang namun tidak langsung, meskipun mereka akan tetap hidup dalam cahaya yang lebih rendah.

Demikian lima tanaman hias yang diprediksi akan menjadi tren di 2022, semoga bermanfaat.

Baca juga: Menderita Darah Rendah? Yuk, Coba 5 Buah Ini



(NAI)

Berita Lainnya